ANALISIS BEBERAPA FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM PENERIMAAN BAGI HASIL SIMPANAN MU.{)ARABAH DI BMT AL-FALAH KEC.CEPER KAB.KLATEN

NURULSANGADAH, NIM. 00390260 (2004) ANALISIS BEBERAPA FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM PENERIMAAN BAGI HASIL SIMPANAN MU.{)ARABAH DI BMT AL-FALAH KEC.CEPER KAB.KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KAIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BEBERAPA FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM PENERIMAAN BAGI HASIL SIMPANAN MU.{)ARABAH DI BMT AL-FALAH KEC.CEPER KAB.KLATEN)
BAB I, V, DP.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BEBERAPA FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM PENERIMAAN BAGI HASIL SIMPANAN MU.{)ARABAH DI BMT AL-FALAH KEC.CEPER KAB.KLATEN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Dengan adanya jumlah BMT yang semakin meningkat menyebabkan persaingan untuk merebutkan pangsa pasar semakin tajam dan menyebabkan nasabah mempunyai banyak peluang untuk menentukan BMT mana yang sesuai dengan harapan mereka. Mengetahui apa yang diinginkan dan diharapkan oleh nasabah merupakan salah satu tantangan suatu BMT agar tidak kehilangan para nasabahnya. Sebagai lembaga keuangan BMT Al-Falah harus mampu memberikan kepuasan pada nasabahnya, salah satunya dengan bagi hasil yang diberikan oleh BMT. Diantara faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah tersebut yaitu jumlah bagi hasil, cara perhitungan bagi hasil dan pemahaman tentang BMT. Masalah yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah apakah faktor jumlah bagi hasil, cara perhitungan bagi hasil, dan pemahaman tentang BMT mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah serta faktor manakah yang paling dominan mempengaruhi kepuasan nasabah. Sejalan dengan masalah tersebut maka populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang menyimpan uangnya pada BMT Al-Falah sebagai simpanan mwjarabah dengan metode pengambilan sampel Simple Random Sampling yaitu cara pengambilan sampel dengan cara acak, sehingga dari 870 nasabah penabung diambil sampel sebanyak 87 orang nasabah penabung. Alat analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan menggunakan data yang relevan dan analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi. Basil penelitian ini berkesimpulan bahwa berdasarkan deskripsi penelitian yang dilakukan, nasabah yang menilai jumlah bagi hasil yang diterima tinggi sebanyak 41 orang dengan presentase 47,1 %, nasabah yang menilai cara perhitungan jumlah bagi hasil sedang sebanyak 48 orang dengan presentase 55,2 %, dan nasabah yang menilai pemahaman tentang BMT sedang sebanyak 50 orang dengan presentase 57,5 % serta rata-rata mereka menilai puas terhadap masing-masing faktor pada tingkat kepuasan nasabah. Sedang berdasarkan analisis kuantitatif angka korelasi untuk faktor jumlah bagi hasil 0,771 lebih besar dari 0,5 pada taraf signifikansi lebih kecil dari 0,05, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara faktor jumlah bagi hasil terhadap kepuasan nasabah dan faktor jumlah bagi hasil inilah merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi kepuasan nasabah, faktor cara perhitungan bagi hasil mempunyai angka korelasi lebih rendah dibandingkan faktor lainnya yaitu 0,573 lebih besar dari 0,5 pada taraf signifikansi 0,05, hal ini menunjukkan bahwa cara perhitungan bagi hasil tidak begitu berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dan faktor pemahaman tentang BMT berangka korelasi 0,660 lebih besar dari 0,5 pada taraf signifikansi 0,05 yang berarti bahwa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: 1. DR. HAMIM ILYAS, M.Ag 2. DRS. A. YUSUF KHOIRUDDIN, SE, M.Si
Uncontrolled Keywords: simpanan mudarabah, BMT Al-Falah
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Sep 2018 03:53
Last Modified: 20 Sep 2018 03:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30893

Actions (login required)

View Item View Item