FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEDAGANG PASAR GEDONG KUNING UNTUK MELAKUKAN PEMBIAYAAN DI BMT BINA IKHSANUL FIKRI YOGYAKARTA

SULISTIYANTO, NIM: 01390760 (2005) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEDAGANG PASAR GEDONG KUNING UNTUK MELAKUKAN PEMBIAYAAN DI BMT BINA IKHSANUL FIKRI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KAIJAGA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEDAGANG PASAR GEDONG KUNING UNTUK MELAKUKAN PEMBIAYAAN DI BMT BINA IKHSANUL FIKRI YOGYAKART A)
BAB I, V, DP.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEDAGANG PASAR GEDONG KUNING UNTUK MELAKUKAN PEMBIAYAAN DI BMT BINA IKHSANUL FIKRI YOGYAKART A)
BAB II, III, IV.pdf - Updated Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

BMT rnerupakan sebuah lernbaga keuangan yang rnenjalankan usahanya berdasarkan prinsip syari'ah Islam dalarn bentuk koperasi serba usaha. Dalarn rangka memenuhi kebutuhan rnasyarakat, BMT hendaknya benar-benar dioperasiona!kan sesuai dengan yang dikehendaki oleh syari'ah sehingga segala produk-produk yang ditawarkan dan dihasilkan dari BMT dapat mernbawa kesejahteraan rnasyarakat secara Iahir dan bathin. BMT Bina Ikhsanui Fikri Yogyakarta didalarn rnenawarkan produk­ produknya perlu rnernperhatikan faktor-faktor yang mernpengaruhi calon nasabah yang akan menjadi nasabah BMT Bina Ikhsanul Fikri Yogyakarta tersebut yang dalam hal ini nasabah yang melakukan pembiayaan. Diantara faktor-faktor yang rnempengaruhi nasabah dalarn melakukan pembiayaan adalah faktor lokasi, citra, dan kebutuhan nasabah. Dalam penelitian ini yang rnenjadi rnasalah adalah apa yang menyebabkan kebanyakan pedagang pasar Gedong Kuning me1akukan pembiayaan di BMT Bina Ikhsanul Fikri, padahal begitu banyak lembaga-Iembaga keuangan di Yogyakarta ini. Apakah faktor lokasi, citra, dan kebutuhan nasabah tersebut di atas mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap nasabah dalarn melakukan pembiayaan? Dan apakah faktor Iokasi, citra, dan kebutuhan nasabah tersebut rnempunyai pengaruh yang signifikan secara bersama-sama terhadap nasabah dalam melakukan pembiayaan? Hipotesis yang diajukan adalah ketiga variabel independen tersebut rnempunyai pengaruh secara signifikan baik secara individu maupun secara bersarna-sama terhadap perilaku nasabah dalam rnelakukan pembiayaan. Populasi dalam penelitian adalah nasabah yang rnelakukan pembiayaan di pasar Gedong Kuning yang berjumlah 64 responden dengan menggunakan teknik probability sampling, tehnik probability sampling yang digunakan adalah sampling aksidental, dan diperoleh sebanyak 58 responden. Alat anahsis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ketiga variabel independen tersebut yaitu Iokasi, citra, kebutuhan nasabah rnempunyai pengaruh yang signifikan, baik itu secara individu atau bersama-sama. Besarnya pengaruh variabel lokasi, citra dan kebutuhan nasabah terhadap perilaku nasabah dalam melakukan pembiayaan sebesar 57,3%, sedangkan sisanya 42,7% dipengaruhi faktor lain. Jadi, memang tidak terlalu besar pengaruh dari ketiga variabel independen tersebut akan tetapi tetap ada pengaruhnya terhadap variabel dependen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: 1. DRS. A. YUSUF KHOIRUDDIN, SE., M.SI. 2. YASIN BAlDI, S.AG., M.AG.
Uncontrolled Keywords: BMT bina Ikhsanul
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Sep 2018 06:56
Last Modified: 21 Sep 2018 06:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30909

Actions (login required)

View Item View Item