JUAL BELI SEMEN SISTEM INDENT DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (STUDI JUAL BELI SEMEN DI TOKO HARAPAN JAYA WONOSEGORO BOYOLALI)

HAFIDZ ANNUR FANNY, NIM. 00380020 (2005) JUAL BELI SEMEN SISTEM INDENT DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (STUDI JUAL BELI SEMEN DI TOKO HARAPAN JAYA WONOSEGORO BOYOLALI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUAL BELI SEMEN SISTEM INDENT DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (STUDI JUAL BELI SEMEN DI TOKO HARAPAN JAYA WONOSEGORO BOYOLALI))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (JUAL BELI SEMEN SISTEM INDENT DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (STUDI JUAL BELI SEMEN DI TOKO HARAPAN JAYA WONOSEGORO BOYOLALI))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Bisnis bahan bangunan sedang menjadi primadona, terutama di daerah pedesaan, seperti halnya di kabupaten Boyolali. Kondisi sosial dan ekonomi masyarakat pedesaan sangat mendukung untuk bisnis ini. Masyarakat desa pada umumnya membangun rumah di atas tanah warisan keluarga dan dikerjakan secara bertahap disesuaikan dengan penghasilan mereka yang relatif kecil dibanding penghasilan masyarakat perkotaan. Lain halnya dengan masyarakat perkotaan di mana sudah berkembang bisnis properti, real estate dan perumahan. Sehingga dalam hal pengerjaan rumah dilakukan oleh perusahaan tertentu dan rnasyarakat perkotaan tinggal rnembelinya sudah dalam wujud rurnah. Pola kehidupan agraris di Kabupaten Boyolali khususnya di sekitar Kecarnatan Wonosegoro menyebabkan masyarakat merasa kesulitan ketika akan mendirikan rumah, terutama dalam hal pendanaan. Interval yang kurang seimbang antara pendapatan masyarakat dan tingginya harga bahan bangunan menjadi salah satu sebabnya. Diantara berbagai macam bahan bangunan, semen adalah salah satu yang mempunyai peran vital dan berkarakter unik. Semen adalah bahan bangunan yang vital dalam proses pembangunan ataupun renovasi rumah, sedemikian vitalnya sehingga keberadaannya menjadi semacam password bagi pembeli untuk melangkah ke transaksi bahan bangunan yang lain. Di samping itu semen mempunyai karakter harga yang amat dinamis naik turunnya dan harga yang bersaing ketat di antara pelaku bisnis ini lainnya. Oleh karena itu penyusun tertarik untuk meneliti tentang praktek jual beli semen yang dilakukan oleh para pengelola Toko Besi. Pada umumnya pengelola Toko Besi mensiasati kondisi ini dengan jual beli secara kredit. Namun ada salah satu Toko Besi yang menerapkan model unik, yaitu Toko Besi Harapan Jaya Wonosegoro dengan transaksi jual beli semen sistem indent. Penelitian ini mencoba mengetahui bagaimana praktek jua1 beli semen sistem indent tersebut Apakah model transaksi tersebut bebas dari unsur riba dan apakah sesuai dengan prinsip ta'awun (tolong menolong) dan prinsip maslahah. Maka dengan ini penyusun mencoba melakukan deskripsi dari kasus jual beli semen sistem indent yang terjadi di Toko Besi Harapan Jaya Wonosegoro sehubungan motif, kepentingan, metode dan tujuan sebenarnya di balik itu semua. Penyusun mencoba mengkaji data-data di Toko Besi Harapan Jaya dengan pendekatan normatif dan perspektif hukum Islam. Kesimpulan dari penelitian ini adalah jual beli semen sistem indent di Toko Besi Harapan Jaya Wonosegoro boleh dan sah menurut hukum Islam. Namun perlu diperhatikan bahwa sahnya transaksi tersebut sangat dipengaruhi oleh kondisi masing masing pihak yaitu penjual dan pembeli, serta semen sebagai obyek transaksinya, sehingga tidak bisa digeneralisasikan begitu saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Malik Madany, MA.
Uncontrolled Keywords: jual beli semen, sistem indent, hukum islam, toko harapan jaya wonosegoro boyolali
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 21 Sep 2018 09:02
Last Modified: 21 Sep 2018 09:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30914

Actions (login required)

View Item View Item