PELAKSANAAN PERJANJIAN ASURANSI JIWA PADA ASURANSI JIWA BERSAMA BUMIPUTERA 1912 DI KANTOR OPERASIONAL MAGELANG MUNTILAN TAHUN2004 ( STUDI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM )

SOFIA NUR'AINI, NIM. 00380027 (2004) PELAKSANAAN PERJANJIAN ASURANSI JIWA PADA ASURANSI JIWA BERSAMA BUMIPUTERA 1912 DI KANTOR OPERASIONAL MAGELANG MUNTILAN TAHUN2004 ( STUDI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PERJANJIAN ASURANSI JIWA PADA ASURANSI JIWA BERSAMA BUMIPUTERA 1912 DI KANTOR OPERASIONAL MAGELANG MUNTILAN TAHUN2004 ( STUDI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM ))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PERJANJIAN ASURANSI JIWA PADA ASURANSI JIWA BERSAMA BUMIPUTERA 1912 DI KANTOR OPERASIONAL MAGELANG MUNTILAN TAHUN2004 ( STUDI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM ))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Asuransi Jiwa Bumiputera 1912 Kantor Operasional Magelang Muntilan menjadi lembaga asuransi unggulan dengan pangsa pasar kelas menengah ke bawah yang hanya ada di Muntilan. Selain itu tanpa diduga mayoritas anggota (pemegang polis) adalah beragama Islam. Dengan penelitian yang menitik beratkan pada aspek pelaksanaan petjanjian dalam sebuah Lembaga asuransi masih minim, penelitian pelaksanaan perjanjian dengan problematikanya ini menjadi tantangan tersendiri bagi penyusun, dengan harapan apakah pelaksanaan asuransi jiwa di Kantor Operasional Asuransi Jiwa Bumiputera 1912 Magelang Muntilan telah sesuai menurut hukum Islam atau belum. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat preskriptif. Yaitu memberikan penilaian pada suatu peristiwa dengan mengadakan penilaian pada pelaksanaan perjanjian asuransi jiwa pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Kantor Operasional Mage lang Muntilan yang dilihat dari segi perspektif hukum Islam. Penelitian ini bertujuan memperoleh pengetahuan bagaimana pelaksanaan perjanjian asuransi jiwa pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 di Kantor Operasional Magelang Muntilan yang kemudian pelaksanaan perjanjian tersebut ditinjau dari segi perspektif hukum Islam. Lokasi penelitian ini adalah Lembaga Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Kantor Operasional Magelang Muntilan. Sedangkan populasinya semua peserta Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 19 I 2 dan diambil sampel sebanyak 40 orang. Teknik pengumpulan datanya melalui cara observasi, wawancara, dokumentasi, kuersioner (angket). Teknik analisa data yang digunakan adalah metode analisa kualitatif dengan menggunakan analisa deduktif yaitu dengan cara menganalisis data-data khusus yang bekenaan dengan pelaksanaan petjanjian asuransi jiwa pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Kantor Operasional Magelang Muntilan, kemudian dianalisis dengan hukum Islam. Setelah mengadakan penelitian terhadap pelaksanaan peirjanjian asuransi jiwa pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Kantor Operasional Magelang Muntilan, yang ditinjau dari perspektifhukum Islam maka penyusun dapat mengambil kesimpulan bahwa pelaksanaan petjanjian asuransi jiwa pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 19 I 2 Kantor Operasional Magelang Muntilan adalah makruh menurut hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Barmawi Mukri, SH, M.Ag
Uncontrolled Keywords: asuransi jiwa bersama bumiputera 1912, studi perspektif hukum islam
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 21 Sep 2018 09:20
Last Modified: 21 Sep 2018 09:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30915

Actions (login required)

View Item View Item