PERSPEKTIF HUKUM ISLAM TERHADAP UPAH BURUH PADA INDUSTRI TERASI (Studi kasus di Desa Karangagung Kecamatan Palang Kabupaten Tuban)

UMI KULSUM, NIM. 97382749 (2003) PERSPEKTIF HUKUM ISLAM TERHADAP UPAH BURUH PADA INDUSTRI TERASI (Studi kasus di Desa Karangagung Kecamatan Palang Kabupaten Tuban). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERSPEKTIF HUKUM ISLAM TERHADAP UPAH BURUH PADA INDUSTRI TERASI (Studi kasus di Desa Karangagung Kecamatan Palang Kabupaten Tuban))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA fix.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PERSPEKTIF HUKUM ISLAM TERHADAP UPAH BURUH PADA INDUSTRI TERASI (Studi kasus di Desa Karangagung Kecamatan Palang Kabupaten Tuban))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Perspektif Hukum Islam terhadap upah buruh pada Industri Terasi (Studi Kasus di Desa Karangagung Kecamatan Palang Kabupaten Tuban”. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang pandangan hukum Islam mengenai upah buruh pada industri terasi di Desa Karangagung Kec. Palang Kab. Tuban, dan juga untuk menjelaskan pandangan hukum Isla mengenai pola hubungan kerja antara buruh dan pengusaha pada industri terasi di Desa Karangagung Kec. Palang Kab. Tuban. Adapun metode penelitian ini dengan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dan penelitian pustaka. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1). Upah buruh inustri terasi di Desa Karangagung Kecamatan Palang Kabupaten Tuban tidak menunjukkan kerangka upah yang Islami, disebabkan upah yang diberikan tidak memenuhi kecukupan untuk hidup layak. (2). Pola hubungan kerja antara pengusaha dan buruh pada industri terasi di Karangagung tidak menunjukkan pola hubungan kerja yang dilandasi oleh nilai keislaman. Selain itu pola hubungan kerja antara pengusaha dengan buruh merupakan pola hubungan kerja yang bersifat paton klien yang menjadikan hubngan kerja mendekati pola hubungan kerja antara majikan dengan budak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Barmawi Mukri
Uncontrolled Keywords: upah, upah minimum regional (UMR), pengusaha, hukum Islam
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Muchti Nurhidaya
Date Deposited: 23 Oct 2018 01:39
Last Modified: 23 Oct 2018 01:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30918

Actions (login required)

View Item View Item