KOMPARASI ANTARA SISTEM OPERASIONAL GADAI KONVENSIONAL DAN GADAI SYARI'AH (STUDI PADA PEGADAIAN CABANG GEJAYAN YOGYAKARTA DAN PEGADAIAN SYARI'AH CABANG KUSUMANEGARA YOGYAKARTA)

ARIEF AULIA RACHMAN, NIM. 00360339 (2005) KOMPARASI ANTARA SISTEM OPERASIONAL GADAI KONVENSIONAL DAN GADAI SYARI'AH (STUDI PADA PEGADAIAN CABANG GEJAYAN YOGYAKARTA DAN PEGADAIAN SYARI'AH CABANG KUSUMANEGARA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KAIJAGA.

[img]
Preview
Text (KOMPARASI ANTARA SISTEM OPERASIONAL GADAI KONVENSIONAL DAN GADAI SYARI'AH (STUDI PADA PEGADAIAN CABANG GEJAYAN YOGYAKARTA DAN PEGADAIAN SYARI'AH CABANG KUSUMANEGARA YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KOMPARASI ANTARA SISTEM OPERASIONAL GADAI KONVENSIONAL DAN GADAI SYARI'AH (STUDI PADA PEGADAIAN CABANG GEJAYAN YOGYAKARTA DAN PEGADAIAN SYARI'AH CABANG KUSUMANEGARA YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Gadai berdasarkan pengertian secara epistemologis dan terminologi merupakan berpindahnya hak milik dari seseorang ke seseorang yang lain atas suatu barang bergerak untuk kepentingan komersial dengan aturan-aturan dan batasan waktu tertentu. Penerapan hukum positif yang merujuk pada Kitab Undang-undang Hukum Perdata, Buku II, Bab XX, Pasal 1150-1161 mengenai gadai dilaksanakan oleh Pegadaian Konvensional, dan hukmn Islam yang berlandaskan pada al-Qur'an, al-Hadis, serta pendapat ulama direalisasikan oleh Pegadaian Syari'ah, dimana keduanya merupakan kepanjangan tangan dari Perum Pegadaian untuk memperkuat ekspansi usahanya dalam meraih target yang diinginkan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yang mengambil lokasi di Pegadaian Cabang Gejayan Yogyakarta dan Pegadaian Syari'al1 Cabang Kusumanegara Yogyakarta, dengan menggm1akan tehnik pengmnpulan data : observasi, wawancara, dan penggunaan bahan. Observasi yaitu melakukan pengamatan dan pencatatan secara sistematis terhadap situasi dan kondisi aktual, penerapan sistem manajerial, layanan jasa, serta prosedur layanan yang dilaksanakan oleh kedua Pegadaian. Wawancara atau tanya-jawab interaktif ditujukan kepada manajer ataupun petugas yang diberikan tanggm1g jawab untuk dijadikan obyek wawancara tersebut. Penggunaan bahan diambil dari data yang sudah ada, baik bempa tulisan mauptm surat-surat berharga milik Pegadaian yang dijadikan obyek penelitian. Sifat Penelitian ini adalal1 observat(f ana/isis komparat(f Observat(f yaitu penelitian yang didasarkan pada data atau informasi yang valid tentang gejala-gejala atau fenomena-fenomena yang terjadi pada Pegadaian Cabang Gejayan Yogyakarta dan Pegadaian Syari'ah Cabang Kusurnanegara Yogyakarta sesuai fakta untuk diteliti secara jeli dan tepat. Sedangkan analisis adalah sebuah usaha untuk mencari dan menata secara sistematis atas data penelitian dari kedua Pegadaian tmtuk selanjutnya diadakan penelaahan. Komparatif yaitu membandingkan kedua sistem operasional gadai yang dijalankan oleh kedua pegadaian tersebut. Unsur perbandingan yang dapat ditelaah secara kritis dalam skripsi ini yaitu menyangkut pada gadai konvensional berupa landasan hukum positif yang dijadikan rujukarmya, orientasi provit materi yang dilegalkan pada tanggm1gan Sewa Modal (SM), objek gadai yang terbatas untuk barang bergerak saja, serta legalisasi transaksi gadai melalui lembaga tertentu. Sedang dalam gadai syari'ah merujuk pada sumber hukum islam seperti : al-Qur'an, ai-Hadis, dan pendapat ulama, lebih menekankan pada prinsip ta'awun semata, obyek gadai yang berlaku pada semua barang baik bergerak maupun tidak bergerak, serta dapat dilakukan tanpa melalui lembaga formal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: 1. Drs. H. DAHWAN, M.Si 2. Drs. KHOLID ZULFA, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Gadai konvensionan, gadai syariah
Subjects: Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Sep 2018 03:20
Last Modified: 26 Sep 2018 03:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30947

Actions (login required)

View Item View Item