IDENTIFIKASI KEPUASAN NASABAH TERHADAP PRODUK MUDARABAH BMT RIZKY MANDIRI YOGYAKARTA DILIHAT DARI VARIABEL NISBAH BAGI HASIL, PELAYANAN DAN PERTIMBANGAN AGAMA

DIAN PUSPITA RINI, NIM. 00390324 (2005) IDENTIFIKASI KEPUASAN NASABAH TERHADAP PRODUK MUDARABAH BMT RIZKY MANDIRI YOGYAKARTA DILIHAT DARI VARIABEL NISBAH BAGI HASIL, PELAYANAN DAN PERTIMBANGAN AGAMA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI KEPUASAN NASABAH TERHADAP PRODUK MUDARABAH BMT RIZKY MANDIRI YOGYAKARTA DILIHAT DARI VARIABEL NISBAH BAGI HASIL, PELAYANAN DAN PERTIMBANGAN AGAMA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI KEPUASAN NASABAH TERHADAP PRODUK MUDARABAH BMT RIZKY MANDIRI YOGYAKARTA DILIHAT DARI VARIABEL NISBAH BAGI HASIL, PELAYANAN DAN PERTIMBANGAN AGAMA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

Salah satu tolok ukur keberhasilan sebuah BMT adalah dengan mengukur tingkat kepuasan nasabah terhadap produk-produk yang ditawarkan. Oleh karena itu, BMT sangat perlu menerapkan konsep yang dapat memahami nasabah, dengan cara menganalisis dan mengidentifikasi kepuasan nasabah. Sehingga dengan cara itu dapat diketahui dari variabel mana nasabah mendapatkan kepuasan. Dengan begitu BMT dapat senantiasa melakukan kontrol dan peningkatan terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan produk BMT, sehingga nasabah tetap loyal dan tidak berpindah kepada pesaing. Diantara faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan nasabah terhadap produk mudarabah tersebut antara lain nisbah bagi hasil, pelayanan dan pertimbangan agama. Masalah yang terjadi dalam mengidentifikasikan tingkat kepuasan nasabah dalam penelitian ini adalah apakah nasabah mendapatkan kepuasan dalam menggunakan produk Mudarabah jika dilihat dari variabel nisbah bagi hasil, pelayanan, dan pertimbangan agama? Apakah variabel nisbah bagi hasil, pelayanan dan pertimbangan agama mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan produk mudarabah? Apakah variabel nisbah bagi hasil, pelayanan dan pertimbangan agama mempunyai pengaruh yang signifikan secara bersama-sama terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan produk mudarabah?. Hipotesa yang diajukan adalah nasabah mendapatkan kepuasan dari ketiga variable independen tersebut dan ketiga variabel independen tersebut mempunyai pengaruh secara signifikan baik secara individu maupun secara bersama-sama terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan produk mudarabah. Populasi dalam penelitian adalah nasabah yang menggunakan produk mudarabah, yang berjumlah 45 responden dengan menggunakan teknik probability sampling, tehnik probability sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Alat analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan menggunakan data yang relevan dan analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi berganda. Dari hasil penelitian didapat kesimpulan bahwa nasabah mendapat kepuasan dalam menggunakan produk mudarabah dilihat dari variabel nisbah bagi hasil, pelayanan, dan pertimbangan agama. Karena secara individu maupun secara bersama-sama ketiga variabel independen tersebut yaitu variabel nisbah bagi hasil, pelayanan dan pertimbangan agama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan produk mudiirabah. Besarnya pengaruh variabel nisbah bagi hasil, pelayanan dan pertimbangan agama terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan produk mudarabah sebesar 73,6%, sedangkan sisanya 26,4% dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Abd. Halim, M.Hum.,
Uncontrolled Keywords: kepuasan nasabah, mudarabah BMT rizky mandiri, variabel nisbah bagi hasil
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 26 Sep 2018 04:48
Last Modified: 26 Sep 2018 04:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30953

Actions (login required)

View Item View Item