PEMIKIRAN ABUL A' LA AL-MAUDUDI MENGENAI PENYELENGGARAAN NEGARA ( STUDI RELEVANSI TERHADAP PENYELENGGARAAN NEGARA DI INDONESIA )

ABDUL ROKHIM, NIM. 00370266 (2004) PEMIKIRAN ABUL A' LA AL-MAUDUDI MENGENAI PENYELENGGARAAN NEGARA ( STUDI RELEVANSI TERHADAP PENYELENGGARAAN NEGARA DI INDONESIA ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KAIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMIKIRAN ABUL A' LA AL-MAUDUDI MENGENAI PENYELENGGARAAN NEGARA ( STUDI RELEVANSI TERHADAP PENYELENGGARAAN NEGARA DI INDONESIA ))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMIKIRAN ABUL A' LA AL-MAUDUDI MENGENAI PENYELENGGARAAN NEGARA ( STUDI RELEVANSI TERHADAP PENYELENGGARAAN NEGARA DI INDONESIA ))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Relasi agama dan negara selalu saja menjadi isu yang menarik untuk diteliti. Keharusan mematuhi negara sama halnya dengan keharusan mematuhi agama. Hal ini dikarenakan agama meliputi masalah politik dan negara. Selama ini banyak umat Islam beranggapan, bahwa negara hendaknya diselenggarakan berdasarkan Syari'at Islam yang mengikat dan wajib dilakukan oleh seluruh umat di setiap zaman dan tempat. Hal ini merupakan problematika yang berkembang di kalangan umat Islam, di mana mereka masih rancu dan absurd dalam mentolerir kemajuan dan medemisasi tatanan sebuah pemerintahan. Terlebih dalam menghadapi konsep­ konsep Barat yang dirasa kurang selaras dengan jiwa Islam. Inilah yang membuat gusar seorang tokoh intelektual asal Pakistan, Abul A'la al-Maududi. Lewat karyanya Islamic Law and Constitution Maududi secara detail menjelaskan mengenai sisitem politik dan penyelenggaraan negara menurut Islam. Pada dasarnya pokok kajian dalam pemelitian ini difokuskan pada pemikiran Abul A'la al-Maududi tentang politik. Ada dua masalah yang dibahas dalam penelitia ini, pertama, pemikiran Abul A'la al-Maududi tentang penyelenggaraan negara, kedua, relevansi penyelenggaraan negara menurut Abu! A'la al-Maududi terhadap penyelenggaraan negara di Indonesia. Pembahasan kedua masalah tersebut diselesaikan dengan menggunakan pendekatan normatif, yakni melakukan pengamatan atau penelitian terhadap teks­ teks al-Qur'an dan as-Sunnah sebagai sumber hukum utama serta norma-nonna yang masih berlaku di masyarakat. Upaya ini dicapai dengan mendeskripsikan pokok-pokok pemikiran Abul A'la al-Maududi mengenai penyelenggaraan negara secara lengkap, sehingga pemikiran tokoh tersebut dapat dipotret secara jelas, kemudian menganalisisnya secara cennat dan mendalam. Secara teoritis, pemikiran Abul A'la al-Maududi tersebut mampu memberi solusi atau paling tidak memberi ahernatif untuk menjawab kegelisahan umat selama ini. sebab, bagaimanapun juga pemikiran tersebut merupakan hasil ijtihad yang sungguh-sungguh. Akan tetapi pemikiran Abul A'la al-Maududi tersebut tidak relevan apabila diterapkan dalam sistim penyelenggaraan negara di Indonesia secara utuh. Namun, secara prinsip dan substantif konsep penyelenggaraan negara di Indonesia dan konsep yang ditawarkan al-Maududi mempunyai beberapa kesamaan dan kesesuaian. Yaitu faham monoteis, tujuan kemaslahatan hukum, sikap persamaan dan persatuan, dan ketaatan terhadap pemerintahan dalam naungan hukum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. DRS. KAMSI, MA. 2. DRS. SLAMET KHILMI
Uncontrolled Keywords: Penyelenggaraan Negara
Subjects: Jinayah Siyasah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah Siyasah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Sep 2018 09:33
Last Modified: 27 Sep 2018 09:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30970

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum