FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUID PREFERENSI NASABAH DALAM MEMANFAATKAN FASILITAS PEMBIAYAAN PADA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

CATUR BUDI PATRIONO, NIM. 0039 0491 (2005) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUID PREFERENSI NASABAH DALAM MEMANFAATKAN FASILITAS PEMBIAYAAN PADA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KAIJAGA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUID PREFERENSI NASABAH DALAM MEMANFAATKAN FASILITAS PEMBIAYAAN PADA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUID PREFERENSI NASABAH DALAM MEMANFAATKAN FASILITAS PEMBIAYAAN PADA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Dalam konteks keuangan rnikro, berdirinya 1ernbaga Baitul Mal wat Tamwil (BMT) rnerupakan salah satu perwujudan dari sistern keuangan syariah. Lernbaga ini dikategorikan sebagai lernbaga keuanga.fl mikro, karena urnurnnya rnelayani rnasyarakat kecil yang tidak rnampu berhubungan dengan lernbaga perbankan. Sejak awal berdirinya BMT, lernbaga ini rnengalami perkernbangan yang cukup pesat, dari sisi kuantitas tercatat hasil yang cukup rnengesankan. Meskipun demikian, ada seju..'llla.t BMT yang tw11buh dan berkernba.'lg dengan baik, serta ada pula yang sebaliknya. Hal ini rnenirnbulkan pertanyaan sejauhrnana respon rnasyarakat, dalam hal ini pengusaha kecil, terhadap Iernbaga keuangan syariah pada urnumnya dan BMT pada khususnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), bersifat eksploratif dan diorientasikan untuk rnengungkapkan faktor-faktor yang rnernpengaruhi preferensi nasabah dalam rnernanfaatkan fasilitas pernbiayaan pada BMT-BMT di DIY. Pengurnpulan data dilakukan melalui rnetode survei (survey method) dengan teknik kuisioner, serta teknik wawancara (interview) untuk mengantisipasi responden yang tidak dapat memaha•ni dengan baik butir-butir pertanyaan pada kuisioner. Sampel dalam penelitian ini adalah nasabah pernbiayaan pada BMT yang rneJ1jadi objek penelitian, sedangkan rnetode pernilihan sarnpel yang digunakan adalah rnetode pernilihan sampel acak sederhana (simple random sampling). Secara rnetodik obyek studi ini ditelaah dengan pendekatan rnultivariat. Dala.'Il proses analisisnya, teknik analisis data yang digunakan adalah a.l12lisis faktor, sebuah teknik analisis yang pada prinsipnya digunakan untuk rnereduksi data, yaitu proses peringkasan sejurnlah variabel serta rnenarnakannya sebagai faktor. Dari proses analisis tersebut dihasilkan 6 (enarn) buah faktor, yang rnerupakan reduksi dari 21 variabel penelitian. Keenarn faktor tersebut kernudian rnasing-masing dinamakan (1) Kualitas Pelayanan, (2) Dorongan Individual, (3) Keunggulan Produk, (4) Kenyamanan Berkontrak, (5) Kemudahan Mendapatkan Jasa, dan (6) Prornosi. Dengan dernikian, dapat disirnpulkan bahwa preferensi nasabah dalam rnernanfaatkan fasilitas pernbiayaan pada BMT-BMT di DIY dipengaruhi oleh keenam faktor tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: 1. Drs. H. FUAD ZEIN, MA. 2. Drs. IBNU QIZAM, SE. MSi., Akt.
Uncontrolled Keywords: PREFERENSI NASABAH, KEUANGAN MIKRO SYARIAH
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Sep 2018 07:32
Last Modified: 27 Sep 2018 07:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30979

Actions (login required)

View Item View Item