TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTEK SEWA MENYEWA BANGUNAN SARANG WALET DI DESA CAMPUREJO KEC. PANCENG KAB. GRESIK

UMI NAJIHAH, 97382806 (2003) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTEK SEWA MENYEWA BANGUNAN SARANG WALET DI DESA CAMPUREJO KEC. PANCENG KAB. GRESIK. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTEK SEWA MENYEWA BANGUNAN SARANG WALET DI DESA CAMPUREJO KEC. PANCENG KAB. GRESIK)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA fix.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTEK SEWA MENYEWA BANGUNAN SARANG WALET DI DESA CAMPUREJO KEC. PANCENG KAB. GRESIK)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktek Sewa Menyewa Bangunan Sarang Walet di Desa Campurejo Kec. Panceng Kab. Gresik”, dengan tujuan penelian adalah untuk memberikan gambaran dan menjelaskan pelaksanaan praktek sewa menyewa bangunan sarang walet di Desa Campurejo Kec. Panceng Kab. Gresik, dan untuk mengetahui pandangan hukum Islam terhadap pelaksanaan praktek sewa menyewa bangunan sarang walet di Desa Cmpurejo Kec. Panceng Kab.Gresik. Adapun jenis peneletian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengunakan jenis penelitianlapangan (field research) dan penelitian pustaka (library research). Pendekatan dalam penelitian iniadalah Normatif Syar’i, dimana melihat masalah yang diteliti apakah sesuai atau tidak dengan hukum Islam. Sedangkan Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: 1). Sistem pelaksanaan praktek sewa menyewa bangunan sarang walet di desa Campurejo Kec. Panceng Kab. Gresik menggunakan sistem gabungan yaitu sistem sewa menyewa bangunan yang merupakan kombinasi antara sitem sewa oyodan dengan sistem tahunan dengan pehitungan jangka waktu. 2). Aqad sewa menyewa dilakukan sesuai dengan rukun dan syarat untuk menghibdari madharat yang dapat merugikan salah satu pihak, tidak bertentangan dengan prisnsip keadilan, tidak akan menimbulkan persengketaan di kemudian hari dan hak-hak kedua belah pihak dapat terpenuhi. 3). Subjek akad sewa menyewa bangunan adalah penyewa dan pemilik bangunan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Makhrus Munajat
Uncontrolled Keywords: Hukum Ijarah, sewa menyewa bangunan, perjanjian
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Muchti Nurhidaya
Date Deposited: 23 Oct 2018 01:39
Last Modified: 23 Oct 2018 01:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31017

Actions (login required)

View Item View Item