TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP HUBUNGAN KERJA ANTARA INDUK SEMANG DAN ANAK SEMANG DI TOKO HIDUP BARU BANDA ACEH, NAD

KARJUNIWATI, NIM. 00380074 (2005) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP HUBUNGAN KERJA ANTARA INDUK SEMANG DAN ANAK SEMANG DI TOKO HIDUP BARU BANDA ACEH, NAD. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP HUBUNGAN KERJA ANTARA INDUK SEMANG DAN ANAK SEMANG DI TOKO HIDUP BARU BANDA ACEH, NAD)
00380074_BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP HUBUNGAN KERJA ANTARA INDUK SEMANG DAN ANAK SEMANG DI TOKO HIDUP BARU BANDA ACEH, NAD)
00380074_BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain. Manusia membutuhkan sesuatu untuk memenuhi kebutuhannya baik kebutuhan primer maupun sekunder. Oleh karena itu, manusia perlu bekerja agar terpenuhi kebutuhannya. Dalam bekerja seseorang tidak dapat bekerja sendiri. Adanya majikan berarti pekerja bekerja pada diri majikan dan menuruti aturan-aturan yang telah ditentukan. Dalam hubungan kerja antara induk semang dan anak semang ada suatu ikatan kerja. Hubungan tersebut terbentuk dalam perjanjian kerja. Perjanjian kerja terjadi dengan adanya akad ijab kabul di antara keduanya. Kedua belah pihak harus sepakat tanpa adanya paksaan untuk melaksanakan kewajiban dan haknya. Kewajiban induk semang adalah membelikan upah atas pekerjaan anak semang. Dalam Islam, adanya suatu perintah agar memberikan upah sebelum kering keringatnya. Kewajiban anak semang adalah melakukan pekerjaan dengan benar. Dalam hal ini permasalahan yang terjadi di toko Hidup Baru adalah dalam perjanjian kerja tersebut walaupun dilakukan secara lisan namun tidak dilakukan secara tertulis sehingga dikhawatirkan terjadi kesalahpahaman yang dapat merusak petjanjian kerja yang terjadi secara lisan. Begitu pula dalam hal pemberian upah, upah diberikan tidak secara merata, di antara anak semang ada yang diberi upah ada yang tidak. Bagi yang tidak mendapat upah mereka merasa ada perbedaan walaupun mereka mendapat kebutuhan-kebutuhan lain. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana hubungan kerja dalarn perjanjian kerja dan pemberian upah antara induk semang dan anak semang yang ditinjau dari hukum Islam. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan menggunakan pendekatan normatif yang dikaitkan dengan hukum Islam. Objek penelitian ini adalah induk semang dan anak semang yang berada di took Hidup Baru Banda Aceh NAD. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, yaitu pengamatan terhadap fenomena yang terjadi pada toko Hidup Baru, dan wawancara, yaitu tanya-jawab sepihak yang dikerjakan dengan sistematik dan berlandaskan pada tujuan penyelidikan dengan menggunakan teknik focused interview dengan catatan-catatan yang masih memungkinkan variasi pertanyaan yang disesuaikan dengan situasi pada induk semang dan anak semang. Hasil penelitian dengan hubungan kerja antara induk semang dan anak semang dalam hal perjanjian kerja dan sistem pemberian upah, antara kedua belah pihak adalah secara lisan karena hal tersebut telah menjadi tradisi pedagang Pidie. Mereka memiliki suatu ikatan kepercayaan yang besar. Dalam pemberian upah kepada anak semang ada yang diberi gaji ada yang tidak, namun akan memperoleh kebutuhan hidupnya. Analisis dalam hukum Islam bahwa perjanjian kerja dan cara pemberian upah tersebut adalah sah karena adanya kerelaan dari kedua belah pihak. Namun lebih baik jika ada perjanjian secara tertulis untuk mempetjelas hubungan kerja antara kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Abdul Halim, M.Hum, Muh. Nur, S.Ag, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: tinjauan hukum islam, hubungan kerja, induk semang dan anak semang,
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 05 Oct 2018 09:04
Last Modified: 05 Oct 2018 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31074

Actions (login required)

View Item View Item