HUKUM PERKAWINAN CAMPURAN DAN AKIBAT HUKUMNYA DENGAN DIBERLAKUKANNYA UU NO. 1/1974 DI KOTA SURAKARTA (Studi Kasus di KUA Pasar Kliwon Kota Surakarta padatahun 2002)

YULIAWAN FATHONI, NIM. 98353335 (2003) HUKUM PERKAWINAN CAMPURAN DAN AKIBAT HUKUMNYA DENGAN DIBERLAKUKANNYA UU NO. 1/1974 DI KOTA SURAKARTA (Studi Kasus di KUA Pasar Kliwon Kota Surakarta padatahun 2002). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (HUKUM PERKAWINAN CAMPURAN DAN AKIBAT HUKUMNYA DENGAN DIBERLAKUKANNYA UU NO. 1/1974 DI KOTA SURAKARTA (Studi Kasus di KUA Pasar Kliwon Kota Surakarta pada tahun 2002))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA fix.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (HUKUM PERKAWINAN CAMPURAN DAN AKIBAT HUKUMNYA DENGAN DIBERLAKUKANNYA UU NO. 1/1974 DI KOTA SURAKARTA (Studi Kasus di KUA Pasar Kliwon Kota Surakarta pada tahun 2002))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengatahui pelaksanaan perkawinan campuran yang dicatatkan pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Pasar Kliwon Surakarta serta untuk mendapatkan kejelasan informasi tentang akibat hukum yang timbul terhadap status kewarganegaraan bagi mempelai dan anaknya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang proses pengambilan datanya diperolah dari lapangan. Penelitian dilakukan di Kantor Urusan Agama Pasar Kliwon data tahun 2002. Metode pendekatan yang digunakan adalah deskriptif yuridis, yaitu pendekatn permasalahan dengan mendasarkan pada peraturan perundang-undangan yakni UU perkawinan No. 1 Tahun 1974. Hasil penelitian ini adalah untuk perkawinan campuran antara warga negara asing dan warga negara Indonesia dapat dilaksanakan jika memenuhi persyaratan sesuai dengan UU perkawinan No. 1 Tahun 1974, Peraturan Pmerintah No. 9 tahun 1975 dan Persyaratan oleh KUA dimana melangsungkan pernikahan. Sebagai akibat dari perkawinan campuran tersebut maka status kewarganegaraan akan menentukan status personalnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku apakah sebagai warga negara atau orang asing, apatride atau bipatride.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs.H. Barmawi Mukri, SH.,M.Ag
Uncontrolled Keywords: perkawinan campuran, UU perkawinan No. 1 Tahun 1974, KUA Kec. Pasar Kliwon Surakarta
Subjects: Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan > Perkawinan Antar Agama
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 Oct 2018 08:38
Last Modified: 23 Oct 2018 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31104

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum