EKSPERIMENTASI METODE PEMBELAJARAN MUFRODAT BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI JEJERAN

SITI SOLIKHAH NIM. 04420922, (2009) EKSPERIMENTASI METODE PEMBELAJARAN MUFRODAT BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI JEJERAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI METODE PEMBELAJARAN MUFRODAT BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI JEJERAN)
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI METODE PEMBELAJARAN MUFRODAT BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI JEJERAN)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (336kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan Bahasa Arab dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IV di MIN Jejeran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan penguasaan mufrodat yang signifikan antara hasil belajar mufrodat siswa dalam kelompok eksperimen (kelompok siswa tanpa menggunakan media gamba) pada siswa kelas IV MIN Jejeran. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah populasi, yaitu siswa kelas IV MIN Jejeran tahun akademik 2008-2009 sebanyak 32 siswa. Yang terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas IV A dan IV B. Kelas A sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B menjadi kelompok control. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, interview, dokumentasi dan tes. Untuk perhitungan analisis data menggunakan bantuan program SPSS 2007 Macig Solves. Pada uji instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Dengan menggunakan rumus korelasi product moment Karl Peabon. Persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas sebaran dengan rumus Kolmogorov Smirnov. Sedangkan untuk uji homogenitas dilakukan dengan menggunakan uji F analisis data dengan menggunakan rumus uji quot;t quot;. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam penguasaan mufrodat bahasa Arab. Perbedaan ini dapat dilihat dari skor rata-rata post-test kelompok eks sebesar 17,88 sedangkan kelompok control memperoleh skor rata-rata posttest sebesar 12,75. Kemudian dari rata-rata peningkatan penguasaan hasil belajar mufrodat Bahasa Arab dengan menggunakan media gambar tersebut. Kelompok eks menunjukkan peningkatan sebesar 4,88 sedangkan kelompok kontrol sebesar 0,44. Dengan hasil perhitungan tersebut diperoleh bahwa siswa yang menggunakan media gambar dalam pembelajaran mufrodat lebih cepat memahami dan menghafal dibandingkan tanpa menggunakan media gambar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M.Si
Uncontrolled Keywords: Eksperimentasi, Metode Pembelajaran, Mufrodat, Bahasa Arab, Media Gambar
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2012 14:33
Last Modified: 01 Aug 2012 14:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3115

Actions (login required)

View Item View Item