PENGARUH BIMBINGAN DAN KONSELING GESTALT BERBASIS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ADAPTASI DAN HUBUNGAN SOSIAL SISWA KELAS X SMK PENERBANGAN ANGKASA ARDHYA GARINI (AAG) ADISUTJIPTO YOGYAKARTA

KHAKAM UMAM ASNAWI, NIM. 1520311076 (2018) PENGARUH BIMBINGAN DAN KONSELING GESTALT BERBASIS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ADAPTASI DAN HUBUNGAN SOSIAL SISWA KELAS X SMK PENERBANGAN ANGKASA ARDHYA GARINI (AAG) ADISUTJIPTO YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH BIMBINGAN DAN KONSELING GESTALT BERBASIS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ADAPTASI DAN HUBUNGAN SOSIAL SISWA KELAS X SMK PENERBANGAN ANGKASA ARDHYA GARINI (AAG) ADISUTJIPTO YOGYAKARTA)
1520311076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH BIMBINGAN DAN KONSELING GESTALT BERBASIS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ADAPTASI DAN HUBUNGAN SOSIAL SISWA KELAS X SMK PENERBANGAN ANGKASA ARDHYA GARINI (AAG) ADISUTJIPTO YOGYAKARTA)
1520311076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (933kB)

Abstract

Khakam Umam Asnawi, Pengaruh Bimbingan dan Konseling Gestalt Berbasis Islam untuk Meningkatkan Kemampuan Adaptasi dan Hubungan Sosial Siswa Kelas X SMK Penerbangan Angkasa Ardhya Garini (AAG) Adisutjipto Yogyakarta, Program Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Pembimbing: Dr. Nurjannah M. Si Adaptasi dan hubungan sosial bukan hanya dilakukan di lingkungan sosial masyarakat, namun sebagai seorang siswa yang lebih banyak hidup di sekolah, adaptasi dan hubungan sosial seharusnya dilakukan juga di sekolah. Terutama pada siswa yang belum lama masuk di sekolah yang berbeda. Ketidakmampuan siswa mengikuti peraturan sekolah dapat mengakibatkan siswa kurang konsentrasi dalam belajar dan kurang kondusif dalam proses belajar-mengajar. Permasalah daptasi dan hubungan sosial memerlukan teknik khusus dalam penanganannya. Pendekatan yang dianggap tepat untuk meningkatkan kemampuan beradaptasi dan hubungan social siswa di sekolah adalah teknik bimbingan dan konseling gestalt berbasis Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah bimbingan dan konseling gestalt berbasis Islam dapat meningkatkan kemampuan beradaptasi dan hubungan social siswa di sekolah kelas X (sepuluh) SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Yogyakarta. Penelitian merupakan penelitian kuasi-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-9 SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Yogyakarta yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan subjek dalam penelitian ini adalah purposive sampling (pengambilan subjek berdasarkan pertimbangan). Pengambilan data variabel kemampuan beradaptasi dan hubungan social menggunakan angket skala Likert. Validitas instrument angket menggunakan uji validitas kontrak. Uji reliabilitas menggunakan internal consistency. Uji persyaratan analisis normalitas diuji sebelum uji hipotesis. Sedangkan uji hipotesis menggunakan Paired samples t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan dan konseling gestalt berbasis Islam dapat meningkatkan kemampuan beradaptasi dan hubungan social siswa di sekolah dengan rata-rata peningkatan kemampaun beradaptasi siswa di sekolah sebesar 12.5 dengan taraf sifnifikan sebesar 0.000, sedangkan hubungan social siswa di sekolah mengalami peningkatan rata-rata sebesar 5.9 dengan taraf signifikan sebesar 0.003. Secara keseluruhan bimbingan dan konseling gestalt berbasis Islam dapat meningkatkan kemampuan beradaptasi dan hubungan social siswa di sekolah rata-rata peningkatan sebesar 18.4 dengan taraf signifikan sebesar 0.000.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Nurjannah M. Si,
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling Gestal berbasis Islam, Kemampaun Beradaptasi Siswa di Sekolah, Hubungan sosial siswa di Sekolah
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 19 Oct 2018 04:03
Last Modified: 19 Oct 2018 04:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31152

Actions (login required)

View Item View Item