UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI DENGAN PENDEKATAN BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIMES (Kasus di TK Islam Modern Al-Furqon Yogyakarta)

SITI ULFATUZ YAHRO NIM. 02411350, (2009) UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI DENGAN PENDEKATAN BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIMES (Kasus di TK Islam Modern Al-Furqon Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI DENGAN PENDEKATAN BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIMES (Kasus di TK Islam Modern Al-Furqon Yogyakarta))
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (896kB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI DENGAN PENDEKATAN BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIMES (Kasus di TK Islam Modern Al-Furqon Yogyakarta))
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (162kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa idealnya pada usia pra sekolah, potensi sosial-emosional anak dikembangkan secara maksimal. Pergaulan mereka tidak hanya sebatas pada keluarga dan teman sebayanya di rumah, tetapi juga teman-teman sebaya yang secara geografis maupun sosiologis berbeda dari mereka. Oleh karena itu, anak usia dini hendaknya dibimbing untuk memperoleh keterampilan sosial, yang tentu berhubungan dengan kecakapan emosional. Tahun 2006 Depdiknas merilis model pembelajaran baru bagi anak usia dini, yaitu beyond centers and circle times. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran dengan pendekatan BCCT di TKIM Al-Furqon, bagaimana upaya guru TKIM Al-Furqon dalam mengembangkan sosial-emosional anak usia dini dengan pendekatan BCCT, bagaimana hasil penerapan pendekatan BCCT bagi perkembangan sosial-emosional anak usia dini, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan pendekatan BCCT di TKIM Al-Furqon Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang bagaimana penerapan pendekatan BCCT di TKIM Al furqon, apa saja upaya guru dalam mengembangkan sosial emosional anak dengan pendekatan BCCT, serta hal-hal yang mendukung dan menghambat penerapan metode ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar TKIM Al-Furqon. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan subyek penelitian dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analitik, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis kualitatif dengan menggunakan cara induktif melalui pendekatan teori belajar sosial Albert Bandura. Hasil penelitian menunjukkan (1) pembelajaran dengan pendekatan BCCT berlangsung dengan sistematis dan sesuai dengan kerangka dasar pendekatan BCCT, (2) upaya guru dalam mengembangkan sosial-emosional anak usia dini dengan pendekatan BCCT sudah dilakukan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan persiapan yang baik dan usaha penerapan yang sistematis, (3) hasil pengembangan sosial-emosional anak usia dini dengan pendekatan BCCT cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan ketercapaian indikator yang diharapkan. Namun, dalam perkembangan sosial-emosional, anak didik membutuhkan bimbingan dan (4) pengembangan tersebut didukung oleh (a) kualitas dan kuantitas pendidik yang mencukupi dan (b) komunikasi insidental yang lancar antara guru dan orang tua. Hambatan yang dialami adalah (a) sikap orang tua yang overprotective atau terlalu khawatir akan anaknya (b) kurangnnya sarana dan prasarana, (c) lingkungan anak yang kurang baik, dan (d) kurangnya pengawasan orang tua terhadap anak dalam penggunaan produk teknologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Mahmud Arif
Uncontrolled Keywords: Guru, Sosial, Emosional, Anak Usia Dini, Beyond Centers and Circle Times
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2012 11:28
Last Modified: 09 Aug 2012 11:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3116

Actions (login required)

View Item View Item