PEMBINAAN AKHLAK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009 (Studi Kasus Program Mentoring)

Sri Yatun NIM. 04410745, (2009) PEMBINAAN AKHLAK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009 (Studi Kasus Program Mentoring). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMBINAAN AKHLAK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009 (Studi Kasus Program Mentoring))
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBINAAN AKHLAK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009 (Studi Kasus Program Mentoring))
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa fase perkembangan remaja mempunyai karakteristik yang khas. Dekadensi moral dan kasus kriminalitas di kalangan remaja cenderung meningkat. SMA IT Abu Bakar Yogyakarta berupaya mencegahnya dengan membina akhlak para siswanya melalui kegiatan Mentoring. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pola pembinaan akhlak malaui kegiatan mentoring, bagaimana pelaksanaan mentoring, dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam program Mentoring di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pembinaan akhlak melaui mentoring, pelaksanaan kegiatan mentoring serta faktor pendukung dan penghambat dalam program Mentoring. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analitik, yang disandarkan kepada studi kasus dalam hal ini program mentoring di SMA IT ABY. Teknik pengambilan datanya dengan metode wawancara terhadap informen kunci (key informan) yaitu pengelola mentoring, dan peserta mentoring. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Pola pembinaan akhlak di SMA IT ABY bersifat terpadu, artinya sisi-sisi pembinaan akhlak kepada para siswa senantiasa diintegrasikan ataupun diincludekan di setiap proses pembelajaran, baik di kelas maupun di luar kelas. Pola pembinaan akhlak di SMA IT direalisasikan dalam dua program besar, yaitu program Mentoring dan program ke-Pesantrenan 2) Kegiatan Mentoring di SMA IT ABY dilaksanakan di luar jam pelajaran sekolah. Para mentor atau (pembimbing) berasal dari internal sekolah atau eksternal sekolah yang pada umumnya direkrut dari mahasiswa semester akhir, sedangkan peserta mentoring adalah siswa internal sekolah. Pelaksanaan kegiatan mentoring masih terdapat kekurangan diantaranya tingkat pelaksanaan kegiatan baru mencapai rata-rata 64,7%, kehadiran mentor rata-tata 58,3% dan kehadiran mente (siswa) 71,1%. Materi pembelajaran program Mentoring disusun berdasarkan acuan dari sekolah namun dalam penerapannya bersifat fleksibel. Evaluasi kegiatan Mentoring secara kualitatif dilaksanakan tiap satu pekan, dua pekan, dan bulanan. 3) faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan kegiatan mentoring adalah a) dari pengelola mentoring hambatannya antara lain karena alasan kesibukan, kondisi kesehatan kurang, minimnya pemahaman visi, misi serta tujuan dan target kegiatan mentoring, kurangnya dukungan sarana prasarana, kurangnya koordinasi antar pengelola, kurangnya kreativitas pengelola dalam melaksanakan kegiatan, sedangkan faktor penghambat dari peserta mentoring atau mente antara lain karena kondisi kesehatan, kurangnya motivasi dan minat, b)faktor pendukung adalah dukungan penuh dari pimpinan sekolah dan adanya keterlibatan Kepala Sekolah dan Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, tersedianya mentor yang cukup, dan adanya Forum Pengelola Mentoring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr.H.Sumedi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Akhlak, Sekolah Menengah Islam Terpadu Abu Bakar, Program Mentoring
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 08 Aug 2012 22:48
Last Modified: 08 Aug 2012 22:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3118

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum