PERBANDINGAN MADZHAB ALA 'ABD AL-WAHHAB ASY-SYA'RANI DAN IBNU RUSYD

SURAJI, NIM. 98363250 (2005) PERBANDINGAN MADZHAB ALA 'ABD AL-WAHHAB ASY-SYA'RANI DAN IBNU RUSYD. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN MADZHAB ALA 'ABD AL-WAHHAB ASY-SYA'RANI DAN IBNU RUSYD)
98363250-BAB 1, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN MADZHAB ALA 'ABD AL-WAHHAB ASY-SYA'RANI DAN IBNU RUSYD)
98363250-BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Sudah banyak penelitian maupun studi yang menerapkan metode taJjJJ; dalam perbandingan maZhab. Sementara itu, metode perbandingan yang lain seperti mctode menggabungkan dan mengkompromikan perbedaan pendapat (al­ jam' wa at-taullq) jarang dikaji dan dipraktikkan. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud mengetengahkan kajian tentang metode perbandingan maZhab dalam hukllill Islam. Sebagai objek kajian penelitian ini adalah model perbandingan maZhab yang dipraktikkan 'Abd a!- Wahhab asy-Sya'raril dalam kitab al-Mlziin yang menggUilakan mctode al-jam' wa at-taufiq. Penelitian ini bermaksud untuk memberikan jawaban atas permasaiahan mengapa asy-Sya'raril !ebih memilih jala11 al-jam'u wa at-tauflq dalam menyelesaikan masaiah perbedaan pendapat ulama ma7JJab, dan bagaimana cara ia mengkompromikan perbedaan pendapat ulmna tersebut. Perbedaan pendapat ulama dapat disebabkan karena perbedaan dalam memahami al-Qur'iin dan as-Sunnah, atau karena sebab khusus tenta.ng as­ Slmnah, atau karena perbedaan dalam kaidah-kaidah U!iiliyyah dan !Jqhiyyah, maupun dalam hal penggunaan dalil di luar al-Qur'iin dan as-Sunnah. Tetapi yang banyak menyebabkan perselisihan adalah karena faktor adanya pertentanl;an at au kontradiksi daiil (ta 'iruq al-adillah). Unwk keluar dari kontradiksi dalil, para ularna ada yang menempuhjalan tarjll; dan ada juga yang memakai al-jam' wa at­ taufiq. Asy-Sya'rani adalah saiah satu ulama yang memberikan perhatian terhadap masalah tersebut. Asy-Sya'ran1 menegaskan bahwa ia lebih menyukai permufakatan dan membenci perselisihan, meskipun pcrbedaan pendapat bagi kelompok lain merupakan ral;mah. Semua pendapat ulama yang berbeda-beda pada dasamya berasal dari sumber hukllill yang sama, yakni al-Qur'iin dan as-Sunnah. Sehingga semua ma?.hab dalam hukum Islam memptmyai kedudukan sederajat, tidak ada maZhab yang satu lebih unggul dari maZllab yang lain. Dalam menyikapi adanya perbedaan pendapat, asy-Sya'ran1 lebih memilih menggabungkan dan mengkomprornikan (al-jam' wa at-tauiiq), karena dengan jalan ini dapat menghilangkan perbedaan yang ada di antara maihab, mampu menghadirkan kcsatuan syari' at !slam dan mampu menjaga aspek keluasan dan keluwesimnya. Asy-Sya'rani sebagaimana asy-Syafi'1, berpandangan bahwa mencrapkan dua pendapat sekaligus !ebih diutamakan daripada menanggullkan salah satunya. Untuk mengkompromika:n perbedaan pendapat eli kala.ngan imam maZhab, asy-Sya'ran1 membuat scbuah rumusan bahwa setiap permasalahan huktrrn merujuk pada dua bandul timbangan syari'at Islam, yakni taklififdan tasyd!d Kemudian, dalam pe!aksanaan hukumnya, dua bandul timbangan itu disesuaikan dcngan kondisi subjck hukumnya (mukallafj. Bagi orang yang kuat maka bcrlaku hukurn yang bcrat sesuai hukum asalnya ( 'azlmah), dan bagi yang kondisinya lcmah berlaku hukum yang ringan (mkh?all). Dengan cara seperti ini, maka pertentangan antar pendapat ma:d18b dapat dihilangkan, sebab mcnurut asy­ Sya'ram, pada hakikatnya tidak ada perbedaan y mg bersifat mutlak dalam syari'ah Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: 1. PROF. DR KHOIRUDDIN NASUTION, MA. 2. H. WAWAN GUNAWAN, S.Ag, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: PERBANDINGAN MADZAB, ABD AL-W AHHAB ASY-SYA'RANI DAN IBNU RUSYD
Subjects: Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 22 Oct 2018 08:58
Last Modified: 22 Oct 2018 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31184

Actions (login required)

View Item View Item