PRAKTEK KERJA DAN PENGUPAHAN JASA PERAWATAN TUBUH OLEH KAUM GAY DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM PADA SALON KECANTIKAN BAGUS DI GODEAN JOGJAKARTA

AZAM SYUKUR RACHMATULLAH, NIM. 00380015 (2003) PRAKTEK KERJA DAN PENGUPAHAN JASA PERAWATAN TUBUH OLEH KAUM GAY DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM PADA SALON KECANTIKAN BAGUS DI GODEAN JOGJAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PRAKTEK KERJA DAN PENGUPAHAN JASA PERAWATAN TUBUH OLEH KAUM GAY DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM PADA SALON KECANTIKAN BAGUS DI GODEAN JOGJAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PRAKTEK KERJA DAN PENGUPAHAN JASA PERAWATAN TUBUH OLEH KAUM GAY DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM PADA SALON KECANTIKAN BAGUS DI GODEAN JOGJAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Bekerja menurut Islam adalah ibadah. Islam memberikan kebebasan kepada semua penganutnya termasuk didalamnya kaum gay untuk menyalurkan bakat yang dimilikinya dengan bekerja kepada orang lain atau menciptakan lapangan kerja sendiri sesuai dengan aturan yang ada dalam al-Qur’an dan al-Sunnah. Dari hasil bekerja inilah nantinya diperoleh upah atau imbalan sebagai penghargaan atas jasa yang telah dilakukan. Kaum gay yang notabene merupakan salah satu bentuk dari homoseksual akhir-akhir ini semakin berkembang. Dengan berbagai cara mereka berusaha menonjolkan, melegalitaskan diri ikut berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan kekuatan yang masih tersisa, mereka berusaha sekuat tenaga, berjuang, bekerja dan berkarya hanya sekedar untuk bertahan hidup. Berbagai macam pekerjaan yang mulai ditinggalkan wanita salon kecantikan contohnya, diambil alih oleh kaum gay seiring dengan gencarnya emansipasi gay. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan mencari data secara langsung sedangkan yang dijadikan obyek adalah Salon kecantikan bagus di Godean Jogjakarta. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi yakni mengamati secara langsung praktek kerja dan sistem pengupahannya. Kemudian melakukan wawancara kepada pemilik salon, pekerja salon dan beberapa pihak lain yang memahami masalah gay. Untuk menganalisa data menggunakan metode analisis deduktif, diawali dengan mengemukakan teori atau dalil dan selanjutnya dikemukakan kenyataan yang bersifat khusus. Dari penelitian yang telah dilakukan pada salon kecantikan bagus di godean bisa disimpulkan bahwa: 1. Pelayanan yang dilakukan tidak mengandung unsur seksual, pelayanan yang ada hanya berkisar pada perawatan rambut dan wajah. Pada sistem pengupahan terdapat sistem ketidak adilan pada penentuan besar kecilnya kenaikan upah kerja karena dititikberatkan pada masa kerja di salon tersebut, 2. Praktek kerja gay bertentangan dengan hukum islam, sedangkan perihal sistem pengupahan terutama pada penentuan besar kecilnya upah pekerja jelas sesuai dengan hukum islam karena mengandung unsur ketidak adilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Makhrus Munajat, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Buruh, Jasa, Salon kecantikan
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 24 Oct 2018 05:10
Last Modified: 24 Oct 2018 05:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31194

Actions (login required)

View Item View Item