MODEL PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS XI IPS 2 MAN WATES I KULONPROGO

Sumarion NIM : 04471220, (2009) MODEL PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS XI IPS 2 MAN WATES I KULONPROGO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MODEL PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS XI IPS 2 MAN WATES I KULONPROGO)
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (647kB) | Preview
[img] Text (MODEL PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS XI IPS 2 MAN WATES I KULONPROGO)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (251kB)

Abstract

Pembelajaran model Contextual Teaching and Learning adalah sebagai proses pendidikan yang bertujuan, siswa melihat makna dalam bahan pelajaran yang mereka pelajari dengan cara menghubungkannya dengan konteks kehidupan mereka sehari-hari. Pembelajaran kontekstual menekankan berpikir tingkat tinggi, transfer pengetahuan melalui disiplin ilmu, dan mengumpulkan, menganalisis dan mensisntesiskan informasi dan data dari berbagai sumber dan sudut pandang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pendekatan Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran bahasa Arab di kelas XI IPS 2 MAN Wates I. Penelitian ini berlangsung empat kali pertemuan. Secara rinci rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam mengelola ketujuh komponen pada model pendekatan Contextual Teaching and Learning (2) Bagaimana respon siswa setelah mengikuti pembelajaran Bahasa Arab, (3) Bagaimana hasil belajar siswa selama pembelajaran Bahasa Arab. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah seorang guru Bahasa Arab dan 25 siswa kelas XI IPS 2. Sumber data penelitian ini adalah kegiatan guru mata pelajaran bahasa Arab dan siswa kelas XI IPS 2. Dalam penelitian ini peneliti langsung mengamati kegiatan guru dan siswa di dalam kelas. (1) Lembar observasi untuk memperoleh data hasil strategi guru dalam mengelola ketujuh komponen model pendekatan Contextual Teaching and Learning selama pembelajaran bahasa Arab (2) pengisian lembar angket untuk memperoleh data hasil respon siswa, dan (3) tes untuk memperoleh data hasil belajar siswa setelah pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi guru dalam mengelola ketujuh komponen model pendekatan secara umum tergolong baik, (2) respon siswa selama mengikuti pembelajaran dikategorikan positif (3) hasil belajar siswa selama pembelajaran adalah 22 siswa yang tuntas. Berdasarkan petunjuk kurikulum 1994 seorang siswa secara individu dikatakan tuntas belajar apabila daya serapnya mencapai 65% Berdasarkan kesimpulan di atas, secara keseluruhan pembelajaran model pendekatan Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran bahasa Arab di MAN Wates I Kulonprogo adalah baik. Oleh karena itu disarankan agar dilakukan peningkatan dan pengembangan lebih lanjut agar hasilnya lebih maksimal, serta diperlukan penelitian yang serupa dengan menggunakan rancangan eksperimental sungguhan untuk memperkuat akurasi hasil penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. M. Jamroh Latif, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pendekatan, Contextual Teaching and Learning, Pembelajaran, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 08 Aug 2012 14:43
Last Modified: 16 Mar 2017 02:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3121

Actions (login required)

View Item View Item