ANALISIS KESALAHAN KONSEP BUKU AJAR PELENGKAP MAPEL KIMIA MA KLAS 1 DAN KESESUAIANNYA DENGAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI

ERLINA, NIM. 98454046 (2003) ANALISIS KESALAHAN KONSEP BUKU AJAR PELENGKAP MAPEL KIMIA MA KLAS 1 DAN KESESUAIANNYA DENGAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESALAHAN KONSEP BUKU AJAR PELENGKAP MAPEL KIMIA MA KLAS 1 DAN KESESUAIANNYA DENGAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESALAHAN KONSEP BUKU AJAR PELENGKAP MAPEL KIMIA MA KLAS 1 DAN KESESUAIANNYA DENGAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Keberhasilan belajar mengajar tidak lepas dari peran buku ajar, karena penggunaan sarana belajar yang berupa buku ajar bertujuan untuk mempermudah penyusunan materi pembelajaran yang digunakan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Penilaian buku ajar yang baik dapat dilakukan dengan menganalisis kesalahan konsep dan kesesuaiannya dengan kurikulum yang berlaku, dari analisis inilah akan diketahui berapa besar tingkat kesalahan konsep dan kesesuaian konsep buku ajar pelengkap tersebut. Demikian juga dengan bahan pembelajaran kimia yang dipelajari siswa melalui materi pokok kimia umumnya dijabarkan dalam buku ajar baik bersifat buku ajar wajib maupun buku ajar pelengkap, Konsep dalam penelitian ini adalah materi pokok dalam kurikulum berbasis kompetensi mata pelajaran kimia. Kesalahan konsep yang dimaksud adalah sesuai tidaknya konsep dalam buku ajar pelengkap dengan konsep yang dikemukakan para ahli kimia meliputi definisi konsep dan penjelasannya. Sedang buku ajar yang dianalisis adalah buku ajar yang disusun pihak swasta (selain buku ajar wajib) sesuai dengan kurikulum berbasis kompetensi. Kurikulum berbasis kompetensi adalah penyempurnaan dari kurikulum 1994 dan suplemen 1999. Kesesuaian materi buku ajar pelengkap dengan KBK mapel kimia adalah kesesuaian substansial dan indikator. Metode yang digunakan dalam pemaparan ini adalah Content Analysis yakni peneliti bekerja secara obyektif dan sistematis untuk mendeskripsikan isi bahan komunikasi melalui pendekatan kuantitatif. Tidak perlu membuat hipotesis atau mendapatkan makna dan implikasi karena pencandraan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat populasi tertentu sudah dilaksanakan Dari pembahasan yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa: 1). Buku ajar pelengkap mata pelajaran kimia kelas 1 terbitas Eg mempunyai kesalahan konsep tapi masuk pada kriteria sangat rendah sehingga dari sisi ini buku tersebut baik untuk digunakan dalam proses pembelajaran, 2). Buku ajar pelengkap mata pelajaran kimia kelas 1 terbitas Eg mempunyai kesesuaian substansial dan indikator sangat besar sehingga masuk pada kriteria sangat sesuai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Sedyo Santoso, SS., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kurikulum berbasis kompetensi, buku ajar
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 24 Oct 2018 12:11
Last Modified: 24 Oct 2018 12:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31216

Actions (login required)

View Item View Item