PENDIDIKAN AGAMA DI SEKOLAH ALTERNATIF RUMAH PENGETAHUAN AMARTYA BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA (Tinjauan Etika Sosial)

SUTRISNI NIM. 05410177-04, (2009) PENDIDIKAN AGAMA DI SEKOLAH ALTERNATIF RUMAH PENGETAHUAN AMARTYA BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA (Tinjauan Etika Sosial). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN AGAMA DI SEKOLAH ALTERNATIF “RUMAH PENGETAHUAN AMARTYA” BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA (Tinjauan Etika Sosial))
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (481kB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN AGAMA DI SEKOLAH ALTERNATIF “RUMAH PENGETAHUAN AMARTYA” BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA (Tinjauan Etika Sosial))
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (277kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)

Abstract

Dilatar belakangi oleh proses pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah-sekolah formal yang ada cenderung normatif-dogmatik. Padahal pendidikan agama Islam adalah lebih kepada penanaman nilai (afektif) sehingga perlu adanya formula baru dalam rekonstruksi proses pembelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan agama di Sekolah Alternatif Rumah Pengetahuan Amartya dan tinjuannya dari etika sosial. Hal ini menarik untuk dikaji karena kebanyakan pendidikan agama yang diajarkan dibeberapa lembaga pendidikan cenderung tekstual dan kurang membumi. Padahal tujuan pendidikan tidak hanya membentuk kesalehan pribadi tetapi juga sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Sekolah Alternatif Rumah Pengetahuan Amartya Banguntapan Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan baru kemudian menarik kesimpulannya. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan: pendidikan agama yang diajarkan di RPA lebih menekankan pada etika sosial itu terbentuk. Etika akan membuat seorang anak didik tumbuh dengan dasar solidaritas, tanggung jawab dan harapan. Baik di lingkungan keluarga, masyarakat dan negara. Pertama, di lingkungan keluaraga anak didik diajarkan bagaimana relasi dengan keluarganya, bagaimana harus bersikap dengan kedua orang tuanya dan saudara-saudaranya, bagaimana watak dan karakter dalam keluarga. Kedua, di lingkungan masyarakat anak didik diajak untuk mengenal aktor-aktor sosial, seperti Pak RT, Pak Lurah, Pak Camat. Ketiga, di lingkungan negara, anak didik dikenalkan dengan struktur serta persoalanpersoalan sosial yang ada, misalnya tentang korupsi, KKN, ketimpangan politik dan sebagainya. Pendidikan agama yang diajarkan di RPA ditinjau dari etika sosial secara substansial mempunyai tujuan yang sama dengan tujuan pendidikan agama Islam secara umum. Namun dalam segi perencanaan pembelajaran pendidikan agama belum sempurna karena belum ada silabus dan komponenkomponennya serta model penyajian silabusnya. Meskipun sudah ada kurikulum besarnya tetapi tetap belum mengkerucut pada pendidikan agama itu sendiri. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa pendidikan agama yang diajarkan di RPA belum bisa dikatakan sempurna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Sangkot Sirait, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama, Sekolah Alternatif, Rumah Pengetahuan, Amartya
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2012 08:18
Last Modified: 09 Aug 2012 08:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3122

Actions (login required)

View Item View Item