ETIKA BISNIS DALAM ISLAM (STUDI PADA MINI MARKET PAMELLA)

MUHAMMAD NASRULLAH, NIM. 98383131 (2003) ETIKA BISNIS DALAM ISLAM (STUDI PADA MINI MARKET PAMELLA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ETIKA BISNIS DALAM ISLAM (STUDI PADA MINI MARKET PAMELLA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ETIKA BISNIS DALAM ISLAM (STUDI PADA MINI MARKET PAMELLA))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Praktek bisnis dalam perekonomian sebagaimana bidang-bidang lain mengalami dinamisasi dari masa ke masa, padahal belum tentu praktek-praktek bisnis itu benar menurut Islam, meskipun itu menghasilkan profit yang cukup besar. Sehingga terkadang menimbulkan ketidakyakinan di kalangan umat Islam, apakah beberapa institusi dan praktek bisnis modem ini sesuai dengan ajaran AI Qur'an. Disinilah hukum Islam dituntut perannya untuk menjawab permasalahan ini. Mampukah hukum Islam memberikan solusi untuk mencari jalan keluar atas fenomena-fenomena praktek bisnis yang terjadi pada abad modem ini. Pentingnya etika bisnis Islam diterapkan untuk memecahkan masalah ini, dan itu membutuhkan penggalian dan pencarian dari hukum Islam yang berkenaan dengan etika bisnis ini, dan penyusun yakin dalam hukum Islam masih banyak etika bisnis yang bisa diambil dan diterapkan dalam percaturan bisnis modem, sehingga tidak ada lagi keraguan bagi umat Islam dalam menjalankan usaha bisnisnya. Penelitian ini tentang praktek etika bisnis di mini market Pamella dan bagaimanakah pandangan hukum Islam terhadap pelaksanaan praktik etika bisnis tsb. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian langsung yang penyusun lakukan di minimarket Pamella. Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan metode interview dan observasi. Kesimpulan penelitian ini adalah etika bisnis yang di terapkan di mini market Pamella sebagian besar sudah sesuai dengan kaidah-kaidah etika Islam dalam bisnis yang di benarkan, baik dari nilai yang umum semisal prinsip keadilan dan kejujuran maupun nilai-nilai yang khusus dalam etika bisnis Islam seperti jenis barang yang dijual atau pemenuhan hak-hak konsumennya. Hukwn Islam memandang bahwa apa yang diaplikasikan mini market Pamella dalam kegiatan bisnisnya sudah sejalan dengan apa yang di harapkan oleh Islam untuk seorang wirausahawan muslim baik itu menyangkut niat dalan berbisnis, cara untuk meraih kemaslahatan dunianya dalam hal ini laba yang diraih, maupun tanggung jawab melaksanakan dan menyebarkan nilai-nilai Illahiah yang berirnbas pada tercapainya kemaslahatan hidup akhirat yang abadi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: 1. DRS. H. DAHW AN 2. MUHAMMAD NUR, S.Ag,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Etika bisnis ; mini market Pamella
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Dra. Irhamny
Date Deposited: 23 Oct 2018 06:03
Last Modified: 23 Oct 2018 06:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31234

Actions (login required)

View Item View Item