PROBLEMATIKA PROSES PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA TUNARUNGU SDLB-B DI SLB MARSUDI PUTRA I BANTUL YOGYAKARTA

TUTI ROCHANAH NIM. 05410027, (2009) PROBLEMATIKA PROSES PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA TUNARUNGU SDLB-B DI SLB MARSUDI PUTRA I BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PROSES PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA TUNARUNGU SDLB-B DI SLB MARSUDI PUTRA I BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (639kB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PROSES PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA TUNARUNGU SDLB-B DI SLB MARSUDI PUTRA I BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (127kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pada dasarnya anak yang memiliki kelainan termasuk anak tunarungu memiliki kesempatan untuk memperoleh pendidikan sama seperti anak normal lainnya. Namun, dalam kenyataannya pendidikan untuk anak yang berkelainan tersebut sepertinya kurang mendapat perhatian sehingga berbagai masalah pun timbul selama proses pembelajaran untuk mereka. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran PAI untuk siswa SDLB-B di SLB Marsudi Putra I Bantul, bagaimana problematika (permasalahan) yang terjadi selama proses pembelajaran tersebut, dan apa upaya yang dilakukan serta hasil yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis secara kritis tentang problematika yang terjadi selama proses pembelajaran PAI di SDLB-B Marsudi Putra I Bantul Yogyakarta, serta untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan akan memberikan kontribusi pada sekolah agar dapat menyempurnakan proses pembelajaran yang terjadi di sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi SLB Marsudi Putra I Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan terlibat (participant observation), wawancara mendalam (in-depth interview), dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan melalui beberapa tahap yaitu reduksi data, triangulasi, dan terakhir adalah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Pembelajaran pada anak tunarungu SDLBB lebih ditekankan pada aspek pembinaan ketrampilan dan sikap, dalam kaitannya dengan mata pelajaran PAI yang lebih ditekankan adalah kemampuan siswa dalam beribadah seperti sholat, puasa, do’a, bersikap atau bertingkah laku baik, dan lain-lain. 2) Proses pembelajaran dilaksanakan dengan menyesuaikan kondisi siswa yang mengalami tunarungu, baik dalam perencanaan, strategi, materi, media, dan lain-lain. 3) Problematika yang dihadapi dalam pembelajaran PAI antara lain kurangnya kompetensi guru dimana guru pengampu mata pelajaran PAI merupakan lulusan SGPLB-C (pendidikan anak tunagrahita), ketunagandaan siswa, kurangnya perencanaan dalam pembelajaran, beberapa kelas yang berada dalam satu ruangan, penggunaan alokasi waktu belajar yang kurang efektif, dan pemanfaatan media yang kurang maksimal. 4) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika yang terjadi adalah belajar dan memahami karakteristik siswa tunarungu, menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa yang mengalami ketunagandaan, memodifikasi RPP dan materi pelajaran PAI yang ada agar sesuai dengan kondisi siswa, menjadikan ruangan lain sebagai ruang belajar (kelas), menggunakan waktu sebaik mungkin, dan mengoptimalkan media belajar yang tersedia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Sarjono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Problematika, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2012 09:35
Last Modified: 09 Aug 2012 09:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3126

Actions (login required)

View Item View Item