Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Pemidanaan Dan Pemberian Sanksi Anak Nakal Dalam Uu No. 3 Tahun 1997 Tentang Peradilan Anak

Moh. Badruzzaman, NIM. 98373107 (2003) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Pemidanaan Dan Pemberian Sanksi Anak Nakal Dalam Uu No. 3 Tahun 1997 Tentang Peradilan Anak. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Pemidanaan Dan Pemberian Sanksi Anak Nakal Dalam Uu No. 3 Tahun 1997 Tentang Peradilan Anak)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Pemidanaan Dan Pemberian Sanksi Anak Nakal Dalam Uu No. 3 Tahun 1997 Tentang Peradilan Anak)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM PEMIDANAAN DAN PEMBERIAN SANKSI ANAK NAKAL DALAM UU NO. 3 TAHUN 1997 TENTANG PERADILAN ANAK MOH. BADRUZZAMAN NIM. 98373107 Ada bermacam paya untuk memberikan perlindungan hukum terhadap anak, diantaranya terbentuklan UU No. 3 tahun 1997 tentang peradilan anak yang merupakan formulasi dari penegasan atas norma-norma yang berlaku dan menunjukkan betapa pentingnya peradilan anak dalam kehidupan. Oleh karena itu apa saja yang diatur dalam UU tersebut perlu untuk diteliti supaya dapat diambil darinya bukan saja dasar-dasarnya tetapi juga kesesuaian dengan hukum Islam. Tujuan oenelitian ini adalah mendeskripsikan secara jelas mengenai tinjauan hukum Islam terhadap pemidanaan anak nakal dalam UU Peradilan Anak dan tinjauan hukum Islam terhadap penerapan sanksi bagi anak nakal berupa Lembaga Pemasyarakatan Anak dalam UU Peradilan Anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian literature dengan tipe penelitian deskriptik analitik. Pendekatan yang digunakan merupakan pendekatan normative yuridis, psiko-pedagogis, dan sosio-historis. Pengumpulan data bersumber pada buku-buku penting yang berkaitan dengan materi yang kaji. Data dianalisis dengan analisis deduktif. Hasil penelitian ini adalah : 1. Pemidanaan anak menurut UU Peradilan Anak dapat dilihat dari aturan Bab I tentang batas usia seorang anak dapat diajukan ke sidang pengadilan anak sesuai dengan hukum Islam. 2. Konsep hukum Islam tentang sanksi bagi anak nakal adalah membimbing dan mengarahkan agar menyadari, insyaf, tidak mengulanginya perbuatannya lagi. Hal tersebut tidak bertentangan UU Peradilan Anak yang memasukkan hukum pengawasan, namun didalamnya juga terdapat hukum berupa Lembaga Pemasyarakatan Anak yang menurut Hukum Islam kurang efektif dan cenderung meningkatkan frekfensi kenakalan anak karena berkumpulnya anak-anak nakal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING : 1. Siti Fatimah, Sh., M. Hum. 2. Dr. Ainur Rafiq, M.A.
Uncontrolled Keywords: hukum Islam, Pemidanaan Anak
Subjects: Peradilan Islam
Peradilan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah Siyasah (S1)
Depositing User: Sri Astuti
Date Deposited: 30 Oct 2018 08:53
Last Modified: 30 Oct 2018 08:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31298

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum