Persepsi Siswa Mtsn Model Atas Media Kartu Bergambar Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab Di Amuntai Kalimantan Selatan

Moh. Iqbal Assyauqi, NIM. 00420054 (2005) Persepsi Siswa Mtsn Model Atas Media Kartu Bergambar Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab Di Amuntai Kalimantan Selatan. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (Persepsi Siswa Mtsn Model Atas Media Kartu Bergambar Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab Di Amuntai Kalimantan Selatan)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (Persepsi Siswa Mtsn Model Atas Media Kartu Bergambar Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab Di Amuntai Kalimantan Selatan)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

PERSEPSI SISWA MTsN MODEL ATAS MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI AMUNTAI KALIMANTAN SELATAN MOH. IQBAL ASSYAUQI NIM. 00420054 Bahasa Arab adalah bahasa Al Qur’an dan Al Hadits, keduanya adalah dasar agama Islam. MTsN Model Amuntai sebagai salah satu lembaga pendidikan di bawah naungan DEPAG, menjadikan bahasa Arab sebagai mata pelajaran yang berfungsi sebagai bahasa agama dan ilmu pengetahuan. Berdasarkan observasi penulis di MTsN Model Amuntai baik secara formal mauoun nor formal, menunjukkan bahwa pemerolehan kemampuan berbahasa Arab baik secara kuantitas maupun kualitas masih jauh dari yang digariskan dalam GBPP MTs. Menurut pengamatan penulis suasana belajar bahasa Arab kelas I MTsN Model Amuntai masih mencerminkan belajar yang kaku dan monoton, siswa bersifat pasif serta cenderung bosan belajar bahasa Arab. Keinginan untuk mendapatkan dan mengupayakan terciptanya suasana keceriaan dan enjoy dalam beljar serta meningkatkan persepsi/respon anak didik terhadap bahasa Arab inilah yang mendorong penulis untuk mengujicobakan media kartu bergambar sebagai salah satu metode pengajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persepsi siswa terhadap bahasa Arab melalui media kartu bergambar. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala tata usaha, guru bidang studi bahasa Arab kelas I MTsN Model Amuntai, dan siswa MTsN Model Amuntai Kelas I. Data dikumpulkan melalui metode interview, dokumentasi, observasi, dan angket. Untuk menganalisis data kualitatif digunakan metode deskriptif analitik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media permainan kartu bergambar dapat meningkatkan persepsi anak terhadap bahasa Arab pada siswa kelas I MTsN Model Amuntai yang berupa peningkatan pada pemahaman, penerimaan, persepsi, responsive terhadap bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING : Drs. H. A. Janan Asifuddin
Uncontrolled Keywords: strategi belajar, bahasa Arab
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sri Astuti
Date Deposited: 30 Oct 2018 14:34
Last Modified: 30 Oct 2018 14:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31299

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum