APLIKASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

ZAINAL ABIDIN NIM. 02421435, (2009) APLIKASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (APLIKASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
BAB I, IV.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (APLIKASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (264kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah adanya keseriusan dan kesungguhan Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta berkaitan dengan Aplikasi KTSP dalam Pembelajaran Pendidikan Bahasa arab sebagai sebuah kebijakan baru dalam bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang bagaimana Aplikasi KTSP dalam pembelajaran pendidikan bahasa arab di Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede serta guna melihat tentang kendala dan dampak serta indidkator apa yang menjadi tumpuan keberhasilan dalam melaksanakan aplikasi tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai bahan informasi dan sumbangan pemikiran untuk menyempurnakan aplikasi KTSP dalam pembelajaran pendidikan bahasa arab di Madrasah aliyah Nurul Ummah Kotagede yagyakarta selanjutnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, interview, dokumentasi dan kuiseoner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu cara analisis yang cenderung menggunakan kata – kata untuk menjelaskan fenomena ataupun data yang didapatkan. Teknik analisis ini menggunakan dua pendekatan, yaitu induktif dan deduktif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Aplikasi KTSP dalam pembelajaran pendidikan bahasa arab di Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede belum optimal dilakukan oleh guru yang bersangkutan, karena a) materi yang diberikan terlalu sulit untuk dipahami oleh peserta didik/siswa, b) keberadaan siswa yang rata – rata sebelum masuk ke madrasah tersebut adalah lulusan dari sekolah – sekolah umum seperti SMP dan SLTP, sehingga sangat sulit untuk bisa memahami pelajaran bahasa arab dari gurunya. 2) Kendala yang di hadapi dalam hal tersebut berupa belum tersedianya buku penunjang pelajaran yang mencukupi, serta kurangnya sarana dan prasarana penunjang pembelajaran seperti Lab. bahasa, kemudian dampak positif dari aplikasi KTSP bagi siswa, yaitu a) siswa lebih kreatif, b) siswa lebih terpacu semangatnya dalam belajar sendiri, c) kemampuan belajarnya meningkat. Sedangkan dampak yang dirasakan oleh guru, yakni a) kemampuan guru dalam merencanakan metode pembelajaran lebih baik, b) kreatifitas untuk memberikan materi pelajaran lebih terarah dan terencana. 3) sedangkan indikator keberhasilan yang diharapkan dalam pembelajaran pendidikan bahasa, diantaranya a) keberhasilan sosialisasi kurikulum, b) keberhasilan penyusunan silabus, c ) keberhasilan penyusunan rencana pembelajaran d ) keberhasilan penyusunan program tahunan dan semester. Sehingga semua keberhasilan yang telah didapatkan tadi berkat keikutsertaan semua pihak dan elemen yang telah mendukungnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Radjasa, M.Si
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Pembelajaran, Bahasa Arab
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2012 09:52
Last Modified: 08 Aug 2012 09:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3131

Actions (login required)

View Item View Item