PERBEDAAN SURAH AL-MUZZAMMIL DAN ALMUDDAṠṠIR DALAM KITAB NAẒM AL-DURRAR FI TANĀSUB AL-ĀYĀT WA AL-SUWAR KARYA AL-BIQĀ’I

TATI FARIHAH, NIM. 13530075 (2018) PERBEDAAN SURAH AL-MUZZAMMIL DAN ALMUDDAṠṠIR DALAM KITAB NAẒM AL-DURRAR FI TANĀSUB AL-ĀYĀT WA AL-SUWAR KARYA AL-BIQĀ’I. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBEDAAN SURAH AL-MUZZAMMIL DAN ALMUDDAṠṠIR DALAM KITAB NAẒM AL-DURRAR FI TANĀSUB AL-ĀYĀT WA AL-SUWAR KARYA AL-BIQĀ’I)
13530075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERBEDAAN SURAH AL-MUZZAMMIL DAN ALMUDDAṠṠIR DALAM KITAB NAẒM AL-DURRAR FI TANĀSUB AL-ĀYĀT WA AL-SUWAR KARYA AL-BIQĀ’I)
13530075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti terhadap dua surah yang berbeda dalam al-Qur’ān dua kata yang berbeda tetapi memiliki makna yang sama yaitu surah al-Muzammil dan surah al-Muddaṡr, keduanya sama-sama memiliki makna “orang yang berselimut” tapi terdapat dalam surah yang berbeda dan dijadikan juga sebagai nama surah. Dari sini peneliti akan mengkaji lebih spesifik lagi bagaimana perbedaan dari keduanya. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui apa sebenarnya perbedaan dalam surah al-Muzammil dan al-Muddaṡr kemudian untuk mengetahui bagaimana relevansi atau munsabah dari kedua surah tersebut dengan menggunakan metode deskriptif-analitis yaitu mendeskripsikan data-data yang telah dikumpulkan dan selanjutnya menganalisis data-data tersebut untuk mendapatkan jawaban problem yang telah dikemukakan. Selain itu, peneliti juga akan membahas munasabah dari kedua surah ini dengan menggunakan kitab tafsir Naẓm al-Durrar fi Tanāsub alĀyāt wa al-Suwar karya al-Biqā’i. Dalam kitabnya Naẓm al-Durrar fi Tanāsub al-Āyāt wa al-Suwar, Burhan al-Din al-Biqā’i menaruh perhatian besar terhadap munasabah al-Qur’ān. Menurut al-Biqā’i al-Qur’ān ialah kitab suci yang memiliki kepaduan yang sempurna, setiap bagian-bagiannya terkait erat satu sama lain. Peneliti memfokuskan kajiannya terhadap surah al-Muzammil dan al-Muddaṡr, karena lafadz yang berbeda namun mempunyai arti sama, yang berada dalam surah yang berbeda juga. Letak kedua surah ini juga beriringan. Setelah melakukan penelitian lebih lanjut, dapat diketahui bahwa Secara umum, surah al-Muzammil mencangkup beberapa pokok masalah, antara lain tentang shalat malam, membaca al-Qur’ān dengan tartil, berdzikir kepada Allah Swt, berjihad, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan beristighfar kepada Allah Swt. Sedangkan dalam surah al-Muddaṡr secara umum menunjukan bahwa terdapat perintah untuk berdakwah. Pertama, mengagungkan Tuhan, yaitu: beriman kepada Allah Swt, kedua, perintah untuk menjauhi maksiat, ketiga, menjaga kebersihan qana’ah, syukur dan sabar,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hilmy Muhammad, M.A
Uncontrolled Keywords: surah al-muzzammil dan almuddassir, kitab nazm al-durrar fi tanāsub al-āyāt wa al-suwar, karya al-biqā’i
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 26 Oct 2018 15:47
Last Modified: 26 Oct 2018 15:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31312

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum