STRATEGI PENDIRIAN DAN PENGELOLAAN BUMDES AMARTA DALAM PENGUATAN EKONOMI MASYARAKAT DI PANDOWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA

WAHYU SUMARSONO, NIM. 13230066 (2018) STRATEGI PENDIRIAN DAN PENGELOLAAN BUMDES AMARTA DALAM PENGUATAN EKONOMI MASYARAKAT DI PANDOWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENDIRIAN DAN PENGELOLAAN BUMDES AMARTA DALAM PENGUATAN EKONOMI MASYARAKAT DI PANDOWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA)
13230066_BAB-I_IV- DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENDIRIAN DAN PENGELOLAAN BUMDES AMARTA DALAM PENGUATAN EKONOMI MASYARAKAT DI PANDOWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA)
13230066_BAB II_SEBELUM -BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Strategi Pendirian dan Pengelolaan BUMDes Amarta dalam Penguatan Ekonomi Masyarakat di Pandowoharjo Sleman Yogyakarta. Peneliti mengangkat tema besar Badan Usaha Milik Desa. Hal ini didasari oleh diterbitkannya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang menempatkan desa sebagai subjek pembangunan. Bentuk terbaik dalam pengimplementasian UU No. 6 Tahun 2014 ini adalah dengan membentuk Badan Usaha Milik Desa yangmana pembentukkan BUMDes ini diharapkan akan memaksimalkan aset yang dimiliki oleh desa untuk kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini dielaborasi dengan metode kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Triangulasi metode dan sumber sebagai validitas datanya. Adapun informan yang menjadi narasumber dalam penelitian ini adalah Bapak Catur Sarjumiharta selaku Kepala Desa Pandowoharjo, Bapak Agus Setyanta selaku direktur BUMDes, Bapak Sri Nurtamsi selaku sekretaris, Bapak Mugio selaku Koordinator, Bapak Munjiran selaku staf, Mbak Sekar sebagai pengelola unit usaha toko desa, Marsidiq sebagai karyawan BUMDes, Pak Kris sebagai mitrakerja, Ibu Sutriah dan Mas Mugi sebagai masyarakat Desa Pandowoharjo. Teknik penentuan informan penelitian ini memadukan antara teknik klaster dan bola salju. Strategi pendirian dan pengelolaan BUMDes yaitu, sosialisasi pembelajaran BUMDes, pelaksanaan musyawarah desa dengan pokok bahasan tentang BUMDes, pendirian BUMDes dengan lebih mengutamakan manfaat, analisis kelayakan usaha, pengembangan kemitraan strategis, dan deservikasi usaha. Kemudian unit usaha BUMDes, yaitu TPST, toko desa, pasar online, RPPEB. Sedangkan hasilnya antara lain, optimalisasi aset desa, meningkatkan pendapatan asli desa, meningkatkan pelayanan umum, meningkatkan ekonomi masyarakat, membuka jaringan pasar, membuka lapangan pekerjaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Pajar Hatma Indra Jaya S.Sos., M. Si.
Uncontrolled Keywords: BUMDes, Strategi Pendirian dan Pengelolaan, Penguatan Ekonomi, Dampak
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 29 Oct 2018 11:17
Last Modified: 22 Nov 2018 10:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31317

Actions (login required)

View Item View Item