PELATIHAN PIDATO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SANTRI MENJADI MUBALLIGHOH DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA

DHANIAR RATIH RAHMAWATI, NIM. 14230002 (2018) PELATIHAN PIDATO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SANTRI MENJADI MUBALLIGHOH DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELATIHAN PIDATO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SANTRI MENJADI MUBALLIGHOH DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA)
14230002_BAB-I_IV_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PELATIHAN PIDATO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SANTRI MENJADI MUBALLIGHOH DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA)
14230002_BAB_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (798kB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masalah yang ditemukan dalam bidang dakwah adalah minimnya minat remaja saat ini untuk berdakwah dikarenakan kurangnya keterlibatan remaja dalam proses dakwah. Tentunya hal ini perlu diadakannya pelatihan pidato yang dilaksanakan pada kegiatan dakwah sebagai metode pelatihan dakwah di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta yang berupaya dalam meregenerasi para santri sebagai perwujudan dari kebijakan dakwah yang nantinya akan membentuk dan melahirkan mubalighoh. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan mengambil subyek Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri, sedang obyek penelitian ini adalah pelatihan pidato dalam meningkatkan kemampuan santri menjadi muballighoh. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datayang digunakan dengan mengumpulkan data, memilah-milah data, mengklarifikasi sesuai dengan permasalahan yang diteliti kemudian disusun dan dianalisa. Teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah tringangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pelatihan pidato dalam meningkatkan kemampuan santri menjadi muballighoh dapat diketahui bahwa pelaksanaan pelatihan pidato sebagai metode pengkaderan dakwah bagi muballighoh di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri yang dipandang dari sudut unsur-unsur yang terlibat didalamnya yaitu pelaku, pengarah, sarana, sumber materi untuk keberhasilan dalam pengkaderan seorang muballighoh. Sebelum pelatihan pidato perlu adanya persiapan oleh santri, yaitu persiapan materi yang akan disampaikan, kemudian menghafalkan teks pidato tersebut. Dan penelitian yang menunjukkan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan pelatihan pidato. Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan pelatihan pidato adalah berjalannya seluruh aspek-aspek dan proses pengorganisasian dalam pelatihan pidato tersebut seperti koordinasi yang baik antara pengurus dan ustadzah pembimbing serta pengawasan termasuk evaluasi dan feedback, serta semangat santri dalam pelatihan pidato. Namun ada faktor penghambat pada kegiatan pelatihan pidato seperti kurangnya dukungan dari pengurus yang lain yaitu terlambatnya pengurus hadir dalam pelaksanaan pelatihan pidato dan juga para santri yang tidak hafal teks pidato sehingga tidak maksimal dalam menyampaikan materi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Afif Rifa’i, M.S
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Pidato, Kemampuan Santri, Muballighoh, Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 30 Oct 2018 10:02
Last Modified: 30 Oct 2018 10:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31322

Actions (login required)

View Item View Item