OMAH JAMUR DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT: STUDI STRATEGI DOMPET DHUAFA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI USAHA JAMUR DUSUN JAMBU CANGKRINGAN

RAHMAH FAUZIAH, NIM. 14230008 (2018) OMAH JAMUR DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT: STUDI STRATEGI DOMPET DHUAFA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI USAHA JAMUR DUSUN JAMBU CANGKRINGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OMAH JAMUR DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT: STUDI STRATEGI DOMPET DHUAFA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI USAHA JAMUR DUSUN JAMBU CANGKRINGAN)
14230008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (OMAH JAMUR DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT: STUDI STRATEGI DOMPET DHUAFA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI USAHA JAMUR DUSUN JAMBU CANGKRINGAN)
14230008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Hidup dalam kondisi dan keadaan yang sejahtera merupakan sebuah harapan, keinginan dan dambaan dari setiap insan yang terlahir dimuka bumi ini, begitupun dengan masyarakat di Dusun Jambu. Sejahtera merupakan kondisi terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan dasar yang berupa sandang, pangan dan papan. Ketiga kebutuhan tersebut merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap manusia, karena dengan begitu masyarakat dapat menilai bahwa hidupnya sudahlah sejahtera. Berbeda dengan sejahtera yang diartikan oleh Lembaga amil zakat Dompet Dhuafa, yang mengartikan bahwa suatu kesejahteraan dalam masyarakat bukan hanya terpenuhinya kebutuhan tersebut akan tetapi sejahtera nya lahir dan batin yang ada pada diri setiap insan di masyarakat. Pasca terjadinya erupsi merapi di tahun 2010, Masyarakat di Dusun Jambu Cangkringan kehilangan tempat tinggal, mata pencaharian, serta meningkat nya angka kemiskinan serta pengangguran. Kemiskinan memang merupakan masalah yang serius dalam pertumbuhan ekonomi, ketidakberdayaan masyarakat miskin dalam menyikapi pertumbuhan ekonomi yang semakin maju akan mengakibatkan mereka semakin termarginalisasi dari kehidupan perekonomian. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi apa saja yang digunakan oleh Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa Yogyakarta dalam mengembangkan program pemberdayaan masyarakat melalui Omah Jamur, serta untuk mengetahui sejauh mana dampak perkembangan program Omah Jamur yang dirasakan oleh masyarakat para penerima manfaat di Dusun Jambu, Cangkringan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan metode penulisan laporan analisis deskriptif. Subyek penelitiannya yakni meliputi, manajer dan suvervisor pendayagunaan ekonomi Dompet Dhuafa Yogyakarta, relawan program Omah Jamur Dompet Dhuafa, dan petani Omah Jamur yang sekaligus menjadi penerima manfaat program Omah Jamur di Dusun Jambu. Teknik yang digunakan saat penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data dilihat validitas datanya menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode, serta dianalisis melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi program Omah Jamur Dompet Dhuafa mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat penerima manfaat di Dusun Jambu, hal ini dapat dilihat dari dampak yang dirasakan para penerima manfaat program Omah Jamur Dompet Dhuafa yang telah terciptanya kesejahteraan lahir dan batin di Dusun Jambu yang meliputi: mampu berpartisipasi dalam aktivitas masyarakat, terpenuhinya sandang, pangan, papan, terwujudnya ketenangan, dan telah tercapainya kepuasan dalam menjalankan perintah agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Mohammad Abu Suhud, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Strategi Peningkatan kesejahteraan, Usaha jamur, Dompet Dhuafa
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 30 Oct 2018 10:28
Last Modified: 30 Oct 2018 10:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31323

Actions (login required)

View Item View Item