PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT BERBASIS PERTANIAN TERPADU OLEH JOGLO TANI DI DUSUN MANDUNGAN I MARGOLUWIH SEYEGAN YOGYAKARTA

NURHIDAYAH, NIM. 14230011 (2018) PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT BERBASIS PERTANIAN TERPADU OLEH JOGLO TANI DI DUSUN MANDUNGAN I MARGOLUWIH SEYEGAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT BERBASIS PERTANIAN TERPADU OLEH JOGLO TANI DI DUSUN MANDUNGAN I MARGOLUWIH SEYEGAN YOGYAKARTA)
14230011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT BERBASIS PERTANIAN TERPADU OLEH JOGLO TANI DI DUSUN MANDUNGAN I MARGOLUWIH SEYEGAN YOGYAKARTA)
14230011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara agraris yang sebagian besar wilayahnya berupa lahan pertanian dan dimanfaatkan menjadi mata pencaharian masyarakat Indonesia. Dengan bertambahnya kebutuhan dan meningkatnya teknologi, petani dihadapkan dengan pemilihan alternatif guna memanfaatkan sumber daya yang jumlahnya terbatas. Dengan demikian, diperlukan pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis pertanian terpadu untuk membuka lapangan pekerjaan di pedesaan, menciptakan kedaulatan pangan dan peningkatan pendapatan petani. Berdasarkan hal itu, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kosep, implementasi dan hasil dari pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis pertanian terpadu oleh Joglo Tani di Dusun Mandungan I, Margoluwih, Seyegan, Yogyakarta. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan informan menggunakan teknik purposive yaitu informan yang dipilih berdasarkan ciri atau karakter yang ditetapkan oleh peneliti sebelum melakukan penelitian. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Semua data dianalisis menggunakan model interaktif yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis pertanian terpadu oleh Joglo Tani menggunakan enam prinsip, diantaranya: dua modal dasar, lima modal awal, lima modal dasar, lima prinsip, enam strategi, dan sembilan perencanaan. Tujuannya ialah untuk meningkatkan pendapatan petani Dusun Mandungan I, dan tercapainya kedaulatan pangan dengan tercukupinya kebutuhan pokok pangan, serta strategi pemberdayaan yang dilakukan oleh Joglo Tani yaitu dengan membentuk kelompok. Implementasi dari pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis pertanian terpadu yaitu dengan menyusun kegiatan untuk menunjang upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis pertanian terpadu seperti mina padi, ternak besar, ternak unggas, pembuatan pupuk kompos dan budidaya tanaman hortikultura. Adapun hasil dari pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis pertanian terpadu oleh Joglo Tani diantaranya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat Dusun Mandungan I, terciptanya kedaulatan pangan, dan terwujudnya lapangan pekerjaan di pedesaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Aziz Muslim, M. Pd,
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Pertanian Terpadu, Joglo Tani, dan Peningkatan Perekonomian.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 30 Oct 2018 14:40
Last Modified: 30 Oct 2018 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31325

Actions (login required)

View Item View Item