PENDEKATAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PAI (Studi Terhadap Pembelajaran PAI di SMAN 8 Yogyakarta)

ZAINUL ARIFIN, NIM. 01470799 (2009) PENDEKATAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PAI (Studi Terhadap Pembelajaran PAI di SMAN 8 Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENDEKATAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PAI (Studi Terhadap Pembelajaran PAI di SMAN 8 Yogyakarta) )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENDEKATAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PAI (Studi Terhadap Pembelajaran PAI di SMAN 8 Yogyakarta) )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)

Abstract

Penelitian ini termasuk kategori penelitian lapangan dengan memakai metode penelitian kualitatif yang berusaha mendeskripsikan realitas-realitas aktual yang terjadi dalam pembelajaran PAI di sekolah tersebut. Adapun metode pengumpulan data yang dipakai meliputi: observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Dari hasil penelitian di lapangan tersebut, ditemukan adanya realisasi pendekatan multikultural dalam pembelajaran PAI yang tercermin dalam figur pendidik dengan kesadaran akan keragaman siswanya, sehingga diejawantahkan pada penggunaan srategi dan metode pembelajarannya, yaitu dengan meningkatkan pengetahuan tentang budaya dan etnis, kebijakan menggunakan bahasa yang mudah dipahami peserta didik, menciptakan suasana yang kondusif untuk belajar, dan menciptakan hubungan harmonis sesama peserta didik. Realisasi pendekatan multikultural di atas berimplikasi pada tersedianya kesempatan yang merata kepada siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran. Di samping itu, juga berimplikasi pada tumbuhnya solidaritas pada diri siswa, sehingga mereka hidup rukun, saling membantu, menghormati, dan menghargai sesamanya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan multikultural dalam pembelajaran PAI merupakan strategi yang relatif baru, juga sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Oleh karena itu, pendekatan multikultural perlu dikembangkan secara maksimal untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan di era globalisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Nadlifah M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Multikurtural, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 12 Sep 2012 15:10
Last Modified: 16 Mar 2017 08:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3135

Actions (login required)

View Item View Item