PELAKSANAAN ZAKAT HASIL PERTANIAN DAN PERUBAHAN EKONOMT MASY ARAKA T (Studi di Desa Cintaratu Kec. Lakbok Kab. Ciamis)

AHMAD YASIN, NIM. 96382567 (2003) PELAKSANAAN ZAKAT HASIL PERTANIAN DAN PERUBAHAN EKONOMT MASY ARAKA T (Studi di Desa Cintaratu Kec. Lakbok Kab. Ciamis). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN ZAKAT HASIL PERTANIAN DAN PERUBAHAN EKONOMT MASY ARAKA T (Studi di Desa Cintaratu Kec. Lakbok Kab. Ciamis))
BAB I, V DAFTAR JUDUL.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN ZAKAT HASIL PERTANIAN DAN PERUBAHAN EKONOMT MASY ARAKA T (Studi di Desa Cintaratu Kec. Lakbok Kab. Ciamis))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Para petani di Desa Cintaratu umumnya• bercocok tanam padi untuk persawahan, dan mereka bisa panen tiga kali dalam satu tahun. Sedangkan dari perkebunan (tegalan) mereka bercocok tanam kedelai dan kacang hijau. Usaha memanfaatkan potensi alam seperti itu merupakan anjuran agama sebagai pelaksanaan amanat yang dibebankan kepada umat manusia. Dari hasil kerja atau usaha yang diperolehnya, sebagian merupakan hak bagi fakir miskin. Oleh karena itu Islam mewajibkan kepada umatnya untuk melaksanakan kewajiban zakat. Zakat, menurut KH. Sahal Mahfudh, merupakan ibadah sosial, yang terikat oleh syarat dan rukun tertentu. Syarat dan rukun inilah, yang apabila ditelaah secara cermat, merupakan wujud dari ketentuan hukum Islam dalam upaya untuk melakukan pemerataan di bidang ekonomi terhadap sesama umat manusia. Ketentuan dalam rukun tersebut masih diperjelas lagi tentang kriteria-kriteria harta yang wajib dizakati. Dalam hal ini ijtihad sangat penting dalam kaitannya dengan obyek yang wajib dizakati. Dari pendapat-pendapat yang telah dikemukakan di atas para ulama telah mengemukakan jenis harta-harta yang wajib dizakati. Oleh karena itu menggunakan analogi alasan hukum adalah sesuatu yang sangat penting dengan tetap berpedoman pada dalil-dalil Al-Qur'an tentang zakat. Pada penulisan karya ilmiah ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data menggunakan cara Dokumentasi, Interview, Quisioner, dan Populasi dan Sampel. Dalam mengolah data menggunakan metode deskriptif analitis, yaitu data yang terkumpul diteliti dan dipelajari sebagai suatu yang utuh, kemudian dari data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode Induktif yaitu, menyimpulkan dari beberapa hal yang bersifat khusus ke dalam hal-hal yang bersifat umum. Dari uraian pembahasan dalam skripsi ini, maka dapat disimpulkan hal-hal penting sebagai berikut: I. Pelaksanaan zakat hasil pertanian di Desa Cintaratu, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, berjalan cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya kesadaran yang cukup oleh para petani kaya untuk senantiasa melaksanakan perintah agama, yaitu berupa kewajiban zakat. 2. Pelaksanaan zakat hasil pertanian di Desa Cintaratu temyata cukup berpengaruh bagi peningkatan ekonomi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. PARTO DJUMENO
Uncontrolled Keywords: Zakal mal dan pokok-pokok hukum Islam
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 01 Nov 2018 02:12
Last Modified: 01 Nov 2018 02:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31355

Actions (login required)

View Item View Item