KONSTRUKSI ISU AGAMA DALAM PEMBERITAAN PILKADA DKI JAKARTA TAHUN 2017 PADA SURAT KABAR HARIAN TEMPO DAN JAWA POS

EVILIANA, NIM 13210041 (2018) KONSTRUKSI ISU AGAMA DALAM PEMBERITAAN PILKADA DKI JAKARTA TAHUN 2017 PADA SURAT KABAR HARIAN TEMPO DAN JAWA POS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KONSTRUKSI ISU AGAMA DALAM PEMBERITAAN PILKADA DKI JAKARTA TAHUN 2017 PADA SURAT KABAR HARIAN TEMPO DAN JAWA POS)
13210041_BABI_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KONSTRUKSI ISU AGAMA DALAM PEMBERITAAN PILKADA DKI JAKARTA TAHUN 2017 PADA SURAT KABAR HARIAN TEMPO DAN JAWA POS)
13210041_BAB II_SD_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Isu agama yang kerap digunakan berbagai pihak untuk kepentingan politik menuai banyak reaksi publik. Sejak kasus penistaan agama yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) beberapa waktu lalu menjadi pemicu semakin maraknya agama disalahgunakan untuk kepentingan politik. Beberapa pihak menyatakan pendapatnya mengenai hal tersebut. Dampak yang ditimbulkan dikalangan masyarakat juga beragam. Kejadian terkait penyalahgunaan agama dalam Pilkada banyak diangkat oleh media massa, tak terkecuali media online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi berita isu agama pada Pilkada DKI Jakarta 2017 di media onlinemelalu analisis framing berita di SKH Tempo dan SKH JawaPos periode Januari – April 2017 dengan menggunakan analisis framing model Robert N. Entman. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data dengan teknik dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis framing model Robert N. Entman, yaitu pendefinisian masalah (Define Problem), penyebab masalah atau sumber masalah (Diagnoses Cause), pembuatan nilai moral (Make Moral Judgement), dan penekanan penyelesaian (Treatment Recomendation). Pada penelitian ini ada sepuluh berita yang dianalisis dari keseluruhan berita yang SKH Tempo dan SKH JawaPos sajikan. Masing-masing media memuat enam berita. setelah menganalisis keseluruhan berita dapaat disimpulkan bahwa kedua SKH tersebut membingkai dengan perbedaan sudut pandang. SKH Tempo melihat bahwa kasus penistaan agama dan tamsya Al-Maidah menjadi penyebab perpecahan warga pada saat Pilkada DKI Jakarta. Sedangkan SKH JawaPos meminta agar isu agama dihindari pada saat Pilkada DKI Jakarta. Kata Kunci : Analisis Framing, SKH Tempo, SKH JawaPos, Isu Agama, Pilkada DKI Jakarta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. AKHMAD RIFA’I, M.Phil.
Uncontrolled Keywords: Analisis Framing, SKH Tempo, SKH JawaPos, Isu Agama, Pilkada DKI Jakarta
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Nov 2018 14:16
Last Modified: 05 Nov 2018 14:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31369

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum