PERJANJIAN KERJA DI KOPMA lAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG KETENAGAKERJAAN

SUHARTA, NIM: 99383695 (2003) PERJANJIAN KERJA DI KOPMA lAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG KETENAGAKERJAAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERJANJIAN KERJA DI KOPMA lAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG KETENAGAKERJAAN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERJANJIAN KERJA DI KOPMA lAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG KETENAGAKERJAAN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (984kB)

Abstract

Koperasi Mahasiswa IAIN Sunan Kalijaga (selanjutnya disebut KOPMA) sebagai salah satu jenis Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang usaha dan berada di lingkungan Kampus beridiologi Islami yang tentu saja dikelola oleh mahasiswanya, juga merupakan salah satu alat perekonomian negara yang berada dalam naungan pemerintah dan berlandaskan pada UUD 1945 juga pada UU. No. 25 th. 1992. Skripsi ini meneliti tentang perjanjian kerja pada suatu badan usaha seperti koperasi secara mendalam dan terperinci. alasan pemilihan tempat karena KOPMA IAIN Sunan Kalijaga adalah salah satu KOPMA yang sudah lama berdiri dan berpengalaman sejak 1982 dan termasuk KOPMA yang berprestasi baik tingkat regional maupun nasional, hal ini terbuk1:i dengan beberapa prestasi yang dikantonginya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) yaitu dengan cara terjun langsung ke lokasi penelitian yakni di KOPMA lAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk mendapatkan data yang diperlukan. Sifat penelitian ini adalah preskriptik-analitik yaitu penelitian yang tidak hanya sekedar menggambarkan, menguraikan dan menganalisa data secara jelas saja, tetapi untuk mengubah karakter manusia kemudian di analisis terutama mengenai akad peijanjian kerja dan pelaksanaannya di KOPMA JAIN Sunan Kalijaga Y ogyakarta. Untuk pengumpulan data menggunakan metode wwancara dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian ini adalah Bahwa nilai-nilai keadilan telah tercermin dalam perjanjian kerja di KOPMA. Hal ini didasarkan dari analisis penyusun dari segi akad dalam petjanjian kerja dimana keduab belah pihak sudah saling rela dengan isi petjanjian kerja yang diberlakukan di KOPMA, walaupun pada awalnya ditetapkan sepihak oleh KOPMA, tetapi karyawan diberi kebebasan untuk meneruskan atau mengakhiri hubungan kerja dengan perusahaan. besamya upah bila melihat pada kebutuhan pada dasamya belum layak, akan tetapi sudah bisa dikatakan adil menurut huk:um Islam karena pembayarannya dilakukan sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak yang disetuj ui pada waktu pembuatan perjanjian kerja, besar kecilnya upah disesuaikan dengan golongan atau jabatan masing-masing karyawan dan disesuaikan dengan kemampuan KOPMA. Pelaksanaan perjanjian kerja di KOPMA lAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, adalah sah dalam perspektif huk:um Islam maupun Undang-undang ketenagakerjaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: 1. Drs. Riyanto, M. Hum 2. Agus M. Najib, S.Ag., M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Perjanjian kerja , KOPMA
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Dra. Irhamny
Date Deposited: 05 Nov 2018 07:47
Last Modified: 05 Nov 2018 07:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31371

Actions (login required)

View Item View Item