PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PERSPEKTIF PLURALISME

GliRllH SALAFI, NIM. 9941 4571 (2003) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PERSPEKTIF PLURALISME. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PERSPEKTIF PLURALISME)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PERSPEKTIF PLURALISME)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Pendidikan Agama Islam Dalam Perspektif Pluralisme ini bertujuan untuk melalkukan studi tentang Pendidikan Agama Islam di Indonesia berkaitan dengan kehidupan beragama di tengah pluralitas bangsa serta mencari suatu pemahaman baru dari hasil mensitesakan pandangan pluralism terhadap pendidikan agama Islam di Indonesia. Kegunaan penelitian ini untuk pemahaman baru tentang bagaimana seharusnya Pendidikan Agama Islam di tengah realitas kemajemukan (pluralitas) serta sebagai sumber inspirasi bagi pembaca sehingga dalam melakukan proses pembelajaran akan diwarnai oleh visi pluralitas. Penelitian ini merupakan penelitian literature. Kajian dilakukan dengan menggunakan berbagai sumber literature. Pengertian Pendidikan Agama Islam akan digali dari berbagai buku yang mengupasnya. Pemikiran pluralisme akan dirunut secara etimologis, filosofis maupun sosiologis. Akan dilacak pula konsep pluralisme dalam berbagai penafsiran Al Qur’an dan beberapa kajian teologis yang bersinggungan dengan pemahaman pluralisme. Seluruh data yang terkumpul akan dianalisis dan didekati dengan metode penelitian filsafat yakni interpretasi, deskriptif analitik dan heuristika. Dari pembahasan yang telah dilaksanakan maka bisa disimpulkan bahwa: 1) Dalam perspektif pluralisme pendidikan agama Islam menghadapi tantangan yang cukup berat antara lain Pendidikan agama Islam tidak lebih dari sebuah formalitas belaka. 2) Pendidikan agama hanya terfokus pada aras kognitif sehingga ukuran keberhasilan anak didik dinilai ketika mampu menghafal, mengasai materi pendidikan, bukan pada bagaimana nilai-nilai pendidikan agama dihayati dengan sungguh-sungguh dan dipraktekkan. 3) Merupakan sebuah keniscayaan jika pendidikan agama Islam dibangun dalam sebuah sistem pendidikan yang memiliki perspektif pluralism.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Usman S.S. M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pluralisme
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Nov 2018 15:08
Last Modified: 06 Nov 2018 15:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31396

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum