E-COMMERCE DALAM PERSPEKTIF AKAD SALAM MENURUT INTERPRET ASI IMAM ASY-SYAFI'l DAN IMAM ABU I:IANIFAH

HASAN AS'ARI, NIM. 97362811 (2002) E-COMMERCE DALAM PERSPEKTIF AKAD SALAM MENURUT INTERPRET ASI IMAM ASY-SYAFI'l DAN IMAM ABU I:IANIFAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (E-COMMERCE DALAM PERSPEKTIF AKAD SALAM MENURUT INTERPRET ASI IMAM ASY-SYAFI'l DAN IMAM ABU I:IANIFAH)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (E-COMMERCE DALAM PERSPEKTIF AKAD SALAM MENURUT INTERPRET ASI IMAM ASY-SYAFI'l DAN IMAM ABU I:IANIFAH)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian berjudul E-Commerce Dalam perspektif Akad Salam Menurut Interpretasi Imam Asy- Syafi’i dan Imam Abu Hanifah ini adalah untuk mendeskripsikan pandangan Imam asy- Syafi’I dan Imam Abu Hanifah tentang akad salam, memahami metode istimbat hokum yang dipergunakan oleh Imam asy-Syafi’I dan Imam Abu hanifah dalam menentukan hokum akad salam serta menjelaskan hokum jual beli melalui e-commerce dilihat dari bentuk transaksinya menurut hokum Islam terutama dalam perspektif akad salam menurut interpretasi Imam asy-Syafi’I dan Imam Abu hanifah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pustaka yaitu penelitian dengan menggunakan fasilitas kepustakaan berupa kitab, buku, ensiklopedi, jurnal, majalah, artikel, internet dan sumber-sumber ilmiah lainnya yang relevan dengan pokok bahasannya. Sifat penelitian ini deskriptif- analitis. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tahap- tahap inventarisasi data, klasifikasi dan sistematika data. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa deduktif yang akan menghasilkan kesimpulan yang bersifat khusus tentang boleh tidaknya transaksi melalui e-commerce ini dari sisi mekanismenya. Pendekatan yang dipergunakan adalah pendekatan normative. Dari pembahasan yang telah dilaksanakan maka disimpulkan: 1. Imam asy-Syafi’I dan Imam Abu Hanifah sepakat bahwa akad salam hukumnya boleh sebagai rukhsoh (kemudahan/keringanan) bagi para pelaku bisnis dengan dengan rtujuan agar sistem perekonomian berjalan lancer sesuai kebutuhan hidup masyarakat. 2. Pada dasarnya mekanisme transaksi jual-beli melalui e-commerce mempunyai karakteristik yang sama dengan akad salam yaitu menjual belikan barang secara tidak tunai (pesanan) dengan pembayaran kontan (cash). Yang berbeda hanya dari segi tempat terjadinya akad, dimana kalo akad salam transaksinya dilakukan dalam satu tempat sedangkan kalau e-commerce bentuk transaksinya melalui internet antara konsumen dan produsan tidak bertemu muka pada saat transaksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: 1. DR. H. SYAMSUL ANWAR, MA 2. DRS. YUSUF KHOIRUDDIN, SE. M.Si
Uncontrolled Keywords: E-Commerce
Subjects: Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Nov 2018 01:33
Last Modified: 07 Nov 2018 01:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31414

Actions (login required)

View Item View Item