DANA DESA DAN PENGENTASAN KEMISKINAN: STUDI IMPLEMENTASI DANA DESA DI DESA JAMBANGAN, KECAMATAN BAWANG, KABUPATEN BATANG

MUHAMMAD NAFIUDIN, NIM. 14230040 (2018) DANA DESA DAN PENGENTASAN KEMISKINAN: STUDI IMPLEMENTASI DANA DESA DI DESA JAMBANGAN, KECAMATAN BAWANG, KABUPATEN BATANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DANA DESA DAN PENGENTASAN KEMISKINAN: STUDI IMPLEMENTASI DANA DESA DI DESA JAMBANGAN, KECAMATAN BAWANG, KABUPATEN BATANG)
14230040_BAB I, IV DFTAR_PUSTAKA.PDF.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (DANA DESA DAN PENGENTASAN KEMISKINAN: STUDI IMPLEMENTASI DANA DESA DI DESA JAMBANGAN, KECAMATAN BAWANG, KABUPATEN BATANG)
14230040_ II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Kemiskinan merupakan masalah sosial yang ada sejak dulu dan sering berimplikasi terhadap perbuatan negatif, seperti kebodohan, pencurian dan bahkan sampai menjual harga diri. Kemiskinan terjadi di semua lini, termasuk di pedesaan tidak kecuali di Desa Jambangan. Pemerintah sendiri sudah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi masalah kemiskinan, seperti dengan program BLT, RASKIN, dan PNPM Mandiri, namun program-program itu belum bisa menyelesaikan masalah kemiskinan. Pada tahun 2014 pemerintah mengesahkan UU No 6 Tahun 2014 atau UU Desa yang memberikan kuasa kepada desa untuk bisa mengurus dirinya dan juga turut berusaha mengentaskan kemiskinan, guna kesejahteraan bersama Pasal 4 huruf b. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan mengenai implementasi dana desa terhadap pengentasan kemiskinan di Desa Jambangan Kecamatan Bawang Kabupaten Batang yang berdampak pada pengentasan kemiskinan di desa. Fokus penelitiannya adalah implementasi dan dampak yang dirasakan masyarakat setelah dana desa itu dilaksanakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penulisan laporan analisis deskriptif. Untuk menjawab tujuan penelitian, peneliti melakukan wawancara kepada kepala desa, sekretaris desa, perangkat desa, ketua DPD, dan masyarakat miskin. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan wawancara. Melalui analisis data hasil penelitian ini diketahui bahwa: 1) Implementasi dana desa bisa dikatakan berjalan dengan baik, dilihat dari prosesnya ini sesuai petunjuk yang sudah ditetapkan oleh pemerintah melalui pedoman Buku Saku Dana Desa. Hal ini karena pelaksanaan dana desa sudah melalui tahap perencanaan, musyawarah desa yang melibatkan masyarakat, pembuatan peraturan desa, pelaksanaan dan pelaporan ke gubernur. Dilihat dari alokasinya anggaran pada tahun 2016 Rp619,925 juta digunakan untuk infrastruktuk dan Rp38,5 juta untuk pemberdayaan masyarakat. 2) program dana desa punya dampak untuk mempermudah mobilitas masyarakat, saluran irigasi semakin baik yang bisa meningkatkan hasil panen, bertambahnya pengetahuan dan terciptanya kesadaran masyarakat. Dana desa sudah mampu mengurangi angka kemiskinan, meskipun dana desa lebih banyak digunakan untuk pembangunan infrastruktur dari pada untuk pemberdayaan masyarakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Pajar Hatma Indra Jaya, M. Si,
Uncontrolled Keywords: Dana Desa, Pengentasan Kemiskinan, Desa Jambangan
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 08 Nov 2018 07:06
Last Modified: 08 Nov 2018 07:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31429

Actions (login required)

View Item View Item