TRANSFORMASI PEMBANGUNAN MENUJU DESA MANDIRI: STUDI DI DESA KEMADANG, KECAMATAN TANJUNGSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

NUGRAHANI KUSUMASTUTI, NIM. 14230042 (2018) TRANSFORMASI PEMBANGUNAN MENUJU DESA MANDIRI: STUDI DI DESA KEMADANG, KECAMATAN TANJUNGSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TRANSFORMASI PEMBANGUNAN MENUJU DESA MANDIRI: STUDI DI DESA KEMADANG, KECAMATAN TANJUNGSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
14230042 BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TRANSFORMASI PEMBANGUNAN MENUJU DESA MANDIRI: STUDI DI DESA KEMADANG, KECAMATAN TANJUNGSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
14230042 BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Komitmen pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla dalam membangun desa tertuang dalam Nawacita ketiga yakni “Membangun Indonesia Dari Pinggiran Dengan Memperkuat Daerah-daerah dan Desa Dalam Kerangka Negara Kesatuan”. Sebuah pembangunan suatu daerah tidak akan terlepas dari campur tangan pemerintah itu sendiri. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan pemerintah dalam melaksanakan transformasi pembangunan hingga menjadikan Desa Kemadang menjadi desa mandiri pada tahun 2015. Selain itu juga untuk melihat seperti apakah bentuk transformasi pembangunan yang terjadi di Desa Kemadang setelah menjadi desa mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemerintah dalam transformasi pembangunan serta mendeskripsikan hasil dari transformasi pembangunan setelah menjadi desa mandiri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, yang mana data-data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif. Teknik penarikan informan menggunakan teknik purposive berdasarkan kriteria. Semua data dilihat validitas datanya menggunakan teknik triangulasi sumber dan data, serta dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam hal strategi yang dilakukukan, pemerintah Desa Kemadang melakukan pemetaan potensi, pembinaan dan pendampingan, membangun sinergisitas dan menerapkan tata kelola desa menjadi organisasi modern. Sedangkan hasil dari transformasi pembangunan itu sendiri ialah terjadi peningkatan pada jumlah kader kesehatan serta sarana prasarana kesehatan. Peningkatan juga terjadi dalam hal keragaman produksi masyarakat terlebih produksi hasil pantai dan program mitigasi bencana dengan adanya Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Moh. Abu Suhud, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Transformasi Pembangunan, Desa Kemadang dan Desa Mandiri
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 08 Nov 2018 14:42
Last Modified: 08 Nov 2018 14:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31430

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum