DAMPAK KEGIATAN PENAMBANGAN PASIR TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT: STUDI DI DESA SENDANGSARI, PAJANGAN, BANTUL, YOGYAKARTA

SITI FATONAH, NIM. 14230046 (2018) DAMPAK KEGIATAN PENAMBANGAN PASIR TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT: STUDI DI DESA SENDANGSARI, PAJANGAN, BANTUL, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK KEGIATAN PENAMBANGAN PASIR TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT: STUDI DI DESA SENDANGSARI, PAJANGAN, BANTUL, YOGYAKARTA)
14230046_BAB-I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK KEGIATAN PENAMBANGAN PASIR TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT: STUDI DI DESA SENDANGSARI, PAJANGAN, BANTUL, YOGYAKARTA)
14230046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Siti Fatonah, Dampak Kegiatan Penambangan Pasir Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat: Studi di Desa Sendangsari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta, Skripsi, Yogyakarta: Prodi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Aset alam dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, salah satunya adalah dengan cara melakukan penambangan pasir, proses penambangan memberikan dampak sosial maupun ekonomi bagi masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan ketersediaan SDA berupa pasir, model penambangan pasir dan dampak penambangan pasir bagi kondisi sosial dan ekonomi masyarakat di Desa Sendangsari. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik penarikan informan menggunakan teknik purposive yang berdasarkan kriteria. Selain itu, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dapat dilihat validitas datanya dengan menggunakan teknik triangulasi sumber, metode dan teori, serta dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketersediaan pasir di Desa Sendangsari dapat dilihat dari lokasi penambangan, lahan penambangan dan stok pasir. Masyarakat Desa Sendangsari menggunakan model penambangan pasir secara manual dan mekanik. Penambangan pasir membawa dampak sosial berupa dampak positif yaitu interaksi berupa kerjasama antar penambang pasir, kerjasama dalam hal pemberian informasi, kerjasama dalam memecahkan masalah, menjaga hubungan baik antar penambang pasir dengan cara melakukan perkumpulan arisan, persaingan sehat antar penambang. Untuk dampak negatif yaitu adanya konflik. Sedangkan untuk dampak ekonomi yaitu perubahan pendapatan penambang, keluarga penambang mengalami peningkatan kesejahteraan yang tidak signifikan dan pemenuhan kebutuhan penambang sudah semakin terpenuhi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Aziz Muslim, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Dampak, penambangan pasir, kondisi sosial ekonomi masyarakat.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 09 Nov 2018 09:50
Last Modified: 09 Nov 2018 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31450

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum