PEMBANGUNAN UNTUK SIAPA?: KONVERSI LAHAN PERTANIAN DAN DAMPAKNYA PADA PEREKONOMIAN PETANI DI DUSUN TRINI KABUPATEN SLEMAN

WIJDAN NABILLAH FIRDAUS, NIM. 14230071 (2018) PEMBANGUNAN UNTUK SIAPA?: KONVERSI LAHAN PERTANIAN DAN DAMPAKNYA PADA PEREKONOMIAN PETANI DI DUSUN TRINI KABUPATEN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBANGUNAN UNTUK SIAPA?: KONVERSI LAHAN PERTANIAN DAN DAMPAKNYA PADA PEREKONOMIAN PETANI DI DUSUN TRINI KABUPATEN SLEMAN)
14230071_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBANGUNAN UNTUK SIAPA?: KONVERSI LAHAN PERTANIAN DAN DAMPAKNYA PADA PEREKONOMIAN PETANI DI DUSUN TRINI KABUPATEN SLEMAN)
14230071_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari maraknya pembangunan yang mengorbankan lahan pertanian yang mengakibatkan konversi lahan sulit dihindari. Salah satu pembangunan yang mengorbankan lahan pertanian adalah konversi lahan yang dilakukan untuk rencana pembangunan kampus terpadu Universitas J di Dusun Trini Kelurahan Trihanggo Kabupaten Sleman yang, konversi lahan tersebut berlangsung sangat lama dari tahun 90–an hingga tahun 2017 namun pembangun kampus terpadu yang pernah direncanakan tidak kunjung dirampungkan dan direalisasi. Berdasarkan hal tersebut penulis bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses konversi lahan yang terjadi untuk rencana pembangunan kampus terpadu Universitas J dari tahun 90-an hingga tahun 2017 apakah masyarakat berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan tersebut, serta bagaimana dampak yang ditimbulkan dari kegiatan konversi lahan untukperekonomian petani Dusun Trini. Pada penelitian ini penulis menggunakan teori konversi lahan, dampak konversi dan partisipasi. Dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik penarikan informan mengkombinasikan antara penentuan informan dengan kriteria dan snowball. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi selama 4 Bulan dari bulan Desember 2017 sampai Maret 2018. Penulis memaparkan seacara apa adanya hasil dari lapangan dengan melihat validitas datanya dan dianalisi melalui proses reduksi data, penyajian data kemudian kesimpulan. Hasil penelitian ini menjabarkan bahwa proses konversi lahan yang terjadi di Dusun Trini untuk rencana pembangunan kampus terpadu ada lima tahap yaitu, perizinan, sosialisasi, jual beli, alih kepemilikan, dan alih fungsi. Adapun partisipasi masyarakat dalam proses konversi ini didominasi oleh partisipasi elit tertentu, yang secara umum bentuk partisipasi tersebut dibedakan dalam tiga bentuk yaitu pertama, partisipasi dalam memperhatikan dan memberi tanggapan terhadap informasi. Kedua partisipasi dalam pengambilan keputusan. Ketiga partisipasi dalam bentuk sumbangan pemikiran. Dari proses konversi lahan tersebut memberikan dampak yang berbeda-beda bagi perekonomian para petani di Dusun Trini yang secara garis besar dampak tersebut seperti mendapatkan uang, dapat memenuhi kebutuhan keluarga, investasi berkembang, petani kehilangan aset, petani tidak memiliki pendapatan atau pendapatan berkurang, dan berkurangnya kesempatan bekerja bagi para buruh tani karena adanya penguasaan lahan sebagai akibat dari dikonversi lahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Hj Siti Syamsiyatun, M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Pembangunan, Konversi Lahan, Partisipasi, Dampak Ekonomi
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 09 Nov 2018 03:08
Last Modified: 09 Nov 2018 03:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31453

Actions (login required)

View Item View Item