SOLIDARITAS SOSIAL DALAM TRADISI LALABET JENAZAH PADA MASYARAKAT DESA GAPURA TENGAH, KECAMATAN GAPURA, KABUPATEN SUMENEP-MADURA

NURUL QAMARIYAH, NIM. 13540071 (2018) SOLIDARITAS SOSIAL DALAM TRADISI LALABET JENAZAH PADA MASYARAKAT DESA GAPURA TENGAH, KECAMATAN GAPURA, KABUPATEN SUMENEP-MADURA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SOLIDARITAS SOSIAL DALAM TRADISI LALABET JENAZAH PADA MASYARAKAT DESA GAPURA TENGAH, KECAMATAN GAPURA, KABUPATEN SUMENEP-MADURA)
13540071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (SOLIDARITAS SOSIAL DALAM TRADISI LALABET JENAZAH PADA MASYARAKAT DESA GAPURA TENGAH, KECAMATAN GAPURA, KABUPATEN SUMENEP-MADURA)
13540071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Setiap terjadi musibah kematian masyarakat Desa Gapura Tengah selalu menyelenggarakan tradisi Lalabet. Tradisi ini bagi masyarakat Desa Gapura Tengah disamping bertujuan untuk ikut belasungkawa pada keluarga yang sedang ditimpa musibah kematian juga bertujuan untuk membantu pihak yang ditimpa musibah kematian dalam menyelenggarakan selamatan kematian. Penelitian ini berjudul Solidaritas Sosial Dalam Tradisi Lalabet Jenazah Pada Masyarakat Desa Gapura Tengah, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep-Madura. Rumusan masalah penelitian yakni bagaimana gambaran tradisi Lalabet di Desa Gapura Tengah, serta bagaimana tradisi Lalabet membentuk solidaritas sosial di Desa Gapura Tengah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran tradisi Lalabet di Desa Gapura Tengah dan untuk mengetahui tradisi Lalabet dalam membentuk solidaritas sosial masyarakat di Desa Gapura Tengah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan atau melukiskan suatu kenyataan sosial dalam masyarakat setempat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dalam penelitian ini dilakukan terhadap orang-orang yang dijadikan informan, yaitu masyarakat setempat, tokoh agama/adat masyarakat di Desa Gapura Tengah yang melaksanakan tradisi Lalabet. Metode ini menjadi langkah awal bagi peneliti untuk melihat, mengamati serta menyelidiki fakta-fakta yang terjadi di Desa Gapura Tengah. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa masyarakat di Desa Gapura Tengah tergolong memiliki solidaritas sosial yang tinggi dalam melakukan tradisi Lalabet. Masyarakat Desa Gapura Tengah saling berpartisipasi dalam mensukseskan acara tradisi Lalabet dan mengesampingkan pekerjaan pribadinya. Ada beberapa faktor yang bisa memperlancar dan menghambat solidaritas sosial dalam melakukan kegiatan tradisi Lalabet. Faktor yang memperlancar tradisi Lalabet diantaranya kesadaran diri, peran tokoh agama/adat, lingkungan, keluarga, dan kebiasaan masyarakat di Desa Gapura Tengah. Adapun faktor yang dapat menghambat tradisi Lalabet yakni cuaca dan sakit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Masroer, S. Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Solidaritas Sosial, Lalabet, Desa Gapura Tengah
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Nov 2018 10:25
Last Modified: 09 Nov 2018 10:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31454

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum