NILAI-NILAI REVOLUSI MENTAL DALAM NOVEL ARUS BAWAH KARYA EMHA AINUN NADJIB DAN RELEVANSINYA DENGAN KONDISI SOSIAL KEAGAMAAN DI INDONESIA

SITI FATIMAH, NIM. 13540074 (2018) NILAI-NILAI REVOLUSI MENTAL DALAM NOVEL ARUS BAWAH KARYA EMHA AINUN NADJIB DAN RELEVANSINYA DENGAN KONDISI SOSIAL KEAGAMAAN DI INDONESIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI REVOLUSI MENTAL DALAM NOVEL ARUS BAWAH KARYA EMHA AINUN NADJIB DAN RELEVANSINYA DENGAN KONDISI SOSIAL KEAGAMAAN DI INDONESIA)
13540074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI REVOLUSI MENTAL DALAM NOVEL ARUS BAWAH KARYA EMHA AINUN NADJIB DAN RELEVANSINYA DENGAN KONDISI SOSIAL KEAGAMAAN DI INDONESIA)
13540074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Siti Fatimah, "Nilai-Nilai Revolusi Mental dalam Novel Arus Bawah Karya Emha Ainun nadjib dan Relevansinya dengan Kondisi Sosial Keagamaan di Indonesia". Skripsi. Yogyakarta: Progran Studi Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2017. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pada kenyataannya bangsa Indonesia tengah mengalami dekadensi moral. Berbagai permasalahan politik maupun sosial terjadi karena mental bangsa yang tidak baik. Untuk itu, penelitian ini mengangkat tema revolusi mental dalam rangka merubah secara besar-besaran kondisi mental manusia Indonesia dari yang tidak baik menuju kepada yang baik. Nilai-nilai revolusi mental ini dapat diambil dari karya sastra novel. Melalui novel asumsi bahwa peran sastra tidak hanya menjadi seni yang menghibur, namun bisa menjadi media yang dapat diambil nilai-nilai positif yang terkandung didalamnya. Novel Arus Bawah karya Emha Ainun Nadjib merupakan salah satu novel yang sarat akan nilai-nilai positif yang berhubungan dengan revolusi mental. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu mengenai apa nilai-nilai revolusi mental yang terkandung dalam novel Arus Bawah serta relevansi nilai revolusi mental tersebut dengan kondisi sosial keagamaan di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research). Pengumpulan data penelitian menggunakan metode studi pustaka dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori semiotika Ferdinand de Saussure, dengan fokus kajian yang dibahas dalam penelitian ini adalah nilai-nilai revolusi mental yang terkandung dalam karya sastra, yang dalam hal ini objek penelitiannya adalah novel Arus Bawah karya Emha Ainun Nadjib. Hasil penelitian ini menunjukkan: nilai-nilai revolusi mental yang terkandung dalam novel Arus Bawah adalah dalam dimensi sikap keseharian meliputi integritas, penyakit omdo, ketekunan dalam bekerja, serta optimisme. Dalam dimensi kekuasaan meliputi konservatisme, politik agama, serta kepemimpinan. Terdapat relevansi atau keterkaitan nilai revolusi mental tersebut dengan kondisi sosial keagamaan di Indonesia. Seperti peran agama yang belum mampu memecahkan permasalahan sosial secara nyata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nurus Sa’adah, S.Psi., M.Si., Psi.
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Revolusi Mental, novel Arus Bawah, Sosial Keagamaan
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Nov 2018 10:27
Last Modified: 09 Nov 2018 10:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31455

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum