PERAN PADEPOKAN DAI METAL DALAM PERUBAHAN PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN KELOMPOK MARJINAL (STUDI KASUS PADEPOKAN DAI METAL DI COLOMBO, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)

AGUS NUR FAUZAN, NIM. 14540018 (2018) PERAN PADEPOKAN DAI METAL DALAM PERUBAHAN PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN KELOMPOK MARJINAL (STUDI KASUS PADEPOKAN DAI METAL DI COLOMBO, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PADEPOKAN DAI METAL DALAM PERUBAHAN PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN KELOMPOK MARJINAL (STUDI KASUS PADEPOKAN DAI METAL DI COLOMBO, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA))
14540018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN PADEPOKAN DAI METAL DALAM PERUBAHAN PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN KELOMPOK MARJINAL (STUDI KASUS PADEPOKAN DAI METAL DI COLOMBO, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA))
14540018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini sangat menarik, karena di tengah-tengah berkembangnya media sosial yang semakin melejit, pengetahuan yang tak terbatas karena pesatnya informasi melalui internet dan kemajuan cara hidup yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta ternyata adanya satu kelompok yang menarik perhatian untuk diteliti, yaitu Padepokan Dai Metal. Padepokan Dai Metal yang di dalamnya terdapat banyak Dai Metal memperhatikan dan bergerak untuk mengambil peran dalam merubah perilaku sosial keagamaan Kelompok Marjinal di Yogyakarta. Kelompok Marjinal dalam penelitian ini meliputi Anak Jalanan, Preman, Pekerja Seks Komersial dan berbagai pihak yang jarang diperhatikan oleh agamawan pada umumnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah padepokan dai metal yang melakukan tindakan yang bertujuan untuk merubah perilaku sosial keagamaan yang ada di kelompok marjinal. Sedangkan untuk metode yang di gunakan dalam penelitian ini ialah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang di pakai untuk penelitian ini ialah teori tindakan sosial Weber. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui dampak interaksi yang di lakukan oleh padepokan dai metal terhadap kelompok marjinal. Hasil penelitian ini menunjukan proses dari pendekatan dai metal yang bertindak sebagai agen perubahan yang melakukan berbagai metode pendekatan sehingga tercapainya tujuan untuk berinteraksi dengan kelompok marjinal. Kemudian dalam proses interaksi sosial yang terjadi dalam padepokan dai metal berbentuk asosiatif, yaitu bentuk kerja sama, akomodasi dan asimilasi. Bentuk kerja sama adalah saling memberikan masukan antar dai metal agar dalam melakukan pendekatan terhadap kelompok marjinal tidak terjadi kesalahan dan berjalan sesuai dengan yang di harapkan. bentuk akomodasi juga berlangsung yang meliputi kompromi, mediasi dan konsiliasi. Sedangkan bentuk asimilasi yang terjadi dan terlihat ialah para dai metal beradaptasi dengan lingkungan yang ada di kelompok marjinal dalam cara berpakaian dan bahasa yang digunakan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rr Siti Kurnia Widiastuti, S.Ag., M.Pd., M.A.
Uncontrolled Keywords: Padepokan Dai Metal, Kelompok Marjinal, Perubahan Perilaku Sosial Keagamaan
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Nov 2018 11:02
Last Modified: 09 Nov 2018 11:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31458

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum