PERAN GANDA PEREMPUAN PEMBUAT GENTENG DALAM MENUNJANG PEREKONOMIAN KELUARGA (STUDI KASUS PEREMPUAN DUSUN SELO TIMUR DESA HARGOREJO KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULON PROGO)

LAILATUL MUKAROMAH, NIM. 14540037 (2018) PERAN GANDA PEREMPUAN PEMBUAT GENTENG DALAM MENUNJANG PEREKONOMIAN KELUARGA (STUDI KASUS PEREMPUAN DUSUN SELO TIMUR DESA HARGOREJO KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULON PROGO). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GANDA PEREMPUAN PEMBUAT GENTENG DALAM MENUNJANG PEREKONOMIAN KELUARGA (STUDI KASUS PEREMPUAN DUSUN SELO TIMUR DESA HARGOREJO KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULON PROGO))
14540037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN GANDA PEREMPUAN PEMBUAT GENTENG DALAM MENUNJANG PEREKONOMIAN KELUARGA (STUDI KASUS PEREMPUAN DUSUN SELO TIMUR DESA HARGOREJO KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULON PROGO))
14540037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Fenomena peran dan kontribusi perempuan bekerja sangat besar, dapat dilihat dari semangat perempuan pembuat genteng dalam menunjang perekonomian keluarga. Di Dusun Selo Timur Desa Harogerojo Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo perempuan bekerja membuat genteng untuk mencukupi kebutuhan ekonomi keluarganya, meskipun suaminya juga bekerja. Permasalahan yang ada di dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk peran ganda, apa faktor pendorong istri bekeja sebagai pembuat genteng dalam menunjang perekonomian keluarga, dan apakah peran ganda perempuan berpengaruh terhadap otoritas dalam keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi bentuk peran ganda perempuan, faktor pendorong perempuan pembuat genteng dalam membantu perekonomian keluarga dan peran ganda perempuan terhadap otoritas dalam keluarga. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif. Cara pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian yaitu dengan metode observasi dan wawancara. Data primer berupa data wawancara yang didapat langsung oleh penulis dari hasil penelitian atas observasi lapangan dan data sekunder berupa literatur-literatur atau buku-buku referensi yang membahas tentang peran ganda perempuan. Subjek data penelitian adalah PKK Dusun Selo Timur, perempuan yang memutuskan membuat genteng untuk menunjang ekonomi keluarga, suami pembuat genteng. Hasil dari penelitian terlihat bahwa peran perempuan sangat kuat, semangat para perempuan bekerja sangat besar. Perempuan pembuat genteng dapat mengisi sektor-sektor penting dalam keluarga, yaitu sektor pendidikan, ekonomi, dan sosial. Hasil dari bekerja membuat genteng dipergunakan para perempuan untuk memenuhi sektor-sektor dalam mensejahterkan keluarga mereka. Dengan bekerjanya perempuan secara otomatis peran perempuan menjadi ganda, yaitu menjadi ibu rumah tangga dan sebagai perempuan pekerja. Sisi sosiologis dalam penelitian ini yaitu peran dan semangat perempuan bekerja membuat genteng dalam mensejahterakan keluarga mereka. Peran yang dimana para perempuan secara otomatis mengabdi kepada keluarga dan peran perempuan yang menghasilkan interaksi sosial kepada keluarga ataupun masyarakat. Peran perempuan dalam keluarga tidak dapat dipisahkan dengan masyarakat sekitar agar tercipta masyarakat yang harmonis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Rr Siti Kurnia Widiastuti, S.Ag., M.Pd., M.A.
Uncontrolled Keywords: Perempuan, Peran, Bekerja
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 09 Nov 2018 04:37
Last Modified: 09 Nov 2018 04:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31460

Actions (login required)

View Item View Item