PERILAKU NASABAH DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMILIH PRODUK BAITUL MAAL WAT TAMWIL (STUDI KASUS DI BMT BUDI MULIA PRAMBANAN YOGYAKARTA)

SITI ARBARONI SUPRIHATUN, NIM. 00390408 (2005) PERILAKU NASABAH DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMILIH PRODUK BAITUL MAAL WAT TAMWIL (STUDI KASUS DI BMT BUDI MULIA PRAMBANAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERILAKU NASABAH DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMILIH PRODUK BAITUL MAAL WAT TAMWIL (STUDI KASUS DI BMT BUDI MULIA PRAMBANAN YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERILAKU NASABAH DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMILIH PRODUK BAITUL MAAL WAT TAMWIL (STUDI KASUS DI BMT BUDI MULIA PRAMBANAN YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Menurut beberapa ahli ekonomi, perilaku konsumen atau nasabah dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik intern maupun ekstem. Seperti sikap, motivasi, kelas sosial, dan kelompok referensi. Kemudian perilaku tersebut akan berpengaruh dalam proses pengambilan keputusan membeli atau memilih suatu produk. Oleh karena itu, di sini penyusun ingin membuktikan dari teori yang ada, yaitu bagaimana pengaruh sikap, motivasi, kelas sosial, dan kelompok referensi terhadap perilaku nasabah dalam pengambilan keputusan memilih produk Baitul Maal Wat Tamwil (Studi Kasus di BMT Budi Mulia Prambanan Yogyakarta) baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dan merupakan penelitian yang bersifat deskriptif analisis. Obyek penelitian meliputi sikap, motivasi, kelas sosial, kelompok referensi, dan perilaku nasabah dalam pengambilan keputusan memilih produk BMT Budi Mulia Prambanan Yogyakarta, subyek penelitiannya adalah nasabah BMT Budi Mulia Prambanan Yogyakarta sebanyak 100 orang responden yang merupakan sampel dari keseluruhan populasi yang berjumlah 988 orang nasabah dan diambil secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan questioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan regresi berganda. Hasil penelitian, menunjukkan hasil sebagai berikut: (1) sikap berpengaruh positif dan signifikan (sig t = 0,022) terhadap perilaku nasabah dalam pengambilan keputusan memilih produk BMT Budi Mulia Prambanan Yogyakarta; (2) motivsi berpengaruh positif dan signifikan (sig t = 0,020) terhadap perilaku nasabah dalam pengambilan keputusan memilih produk BMT Budi Mulia Prambanan Yogyakarta; (3) kelas sosial berpengaruh positif dan signifikan (sig t = 0,002) terhadap perilaku nasabah dalam pengambilan keputusan memilih produk BMT Budi Mulia Prambanan Yogyakarta; (4) kelompok referensi berpengaruh positif dan signifikan (sig t = 0,000) terhadap perilaku nasabah dalam pengambilan keputusan memilih produk BMT Budi Mulia Prambanan Yogyakarta; (5) sikap, motivasi, kelas sosial, dan kelompok referensi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan (sig F = 0,000) terhadap perilaku nasabah dalam pengambilan keputusan memilih produk BMT Budi Mulia Prambanan Yogyakarta. sehingga sikap, motivasi, kelas sosial, dan keiompok referensi secara bersama-sama mampu menjelaskan perilaku nasabah dalam pengambilan keputusan memilih produk: BMT Budi Mulia Prambanan Yogyakarta sebesar 57,3%, selebihnya yaitu 42,7% dijelaskan oleh faktor lainnya. Hal ini ditunjukkan oleh nilai adjustedR2 = 0,573.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: 1. PROF. DR. H. SYAMSUL ANWAR, MA 2. SUNARSffi, SE, M. Si
Uncontrolled Keywords: PERILAKU NASABAH, BAITUL MAAL W AT TAMWIL
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Nov 2018 07:39
Last Modified: 09 Nov 2018 07:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31463

Actions (login required)

View Item View Item