IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 DEPOK

PUPUT SAHARA, NIM. 14220044 (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 DEPOK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 DEPOK)
14220044_BAB-1_IV_DAFTAR-PUSTAKA_PDF.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 DEPOK)
14220044_BAB II_SD_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Puput Sahara, 14220044, Implementasi Pendidikan Multikultural melalui Bimbingan Kelompok Siswa Kelas VII SMP N 2 DEPOK. Skripsi. Yogyakarta: Prodi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Latar belakang penelitian ini ialah pendidikan multikultural menjadi salah satu concern dari Pasal 4 UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pasal ini menjelaskan pendidikan diselenggarakan secara demokratis, tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi HAM, nilai keagamaan, nilai kultural dan kemajemukan bangsa. Setelah memperhatikan beberapa siswa kelas VII di SMP N 2 DEPOK ada yang masih membutuhkan Implementasi Pendidikan Multikultural melalui Bimbingan Kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tahap-tahap Implementasi Pendidikan Multikultural melalui Bimbingan Kelompok Siswa kelas VII di SMP N 2 DEPOK. Subjek penelitiannya yaitu seorang guru bimbingan dan konseling dan empat siswa dari masing-masing kelas VII. Metode pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitiannya yaitu tahap-tahap Implementasi Pendidikan Multikultural melalui Bimbingan Kelompok Siswa kelas VII di SMP N 2 DEPOK yang dilaksanakan oleh guru bimbingan dan konseling adalah pertama, tahap level diri. Kedua, tahap level sekolah. Dan ketiga, tahap level masyarakat. Implementasi pendidikan multikulturl dilakukan secara kelompok 4-5 orang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A. Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pendidikan Multikultural, Bimbingan Kelompok
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 15 Nov 2018 11:53
Last Modified: 15 Nov 2018 11:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31541

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum