PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK DI KAMPUNG DOLANAN (STUDI KASUS DI KAMPUNG DOLANAN PANDES PANGGUNG HARJO SEWON BANTUL YOGYAKARTA)

MHASAN AL AMBARI, NIM. 12250016 (2018) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK DI KAMPUNG DOLANAN (STUDI KASUS DI KAMPUNG DOLANAN PANDES PANGGUNG HARJO SEWON BANTUL YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK DI KAMPUNG DOLANAN (STUDI KASUS DI KAMPUNG DOLANAN PANDES PANGGUNG HARJO SEWON BANTUL YOGYAKARTA))
12250016_BAB-1_1V_M. HASAN AL AMHARI_NIM.12250016.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK DI KAMPUNG DOLANAN (STUDI KASUS DI KAMPUNG DOLANAN PANDES PANGGUNG HARJO SEWON BANTUL YOGYAKARTA))
12250016_BAB-II_sampai_SEBELUM -BAB-TERAKHIR_.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

M.Hasan Al Ambari, Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Perkembangan anak di Komunitas Kampung Dolanan Pandes Panggung Harjo Sewon Bantul Yogyakarta. Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 2018. Penelitian ini dilakukan karena semakin berkembang permainan modern dan pengaruh permainan tradisional terhadap perkembangan anak. Di zaman modern ini anak-anak semakin mengenal dan akrab dengan permainan modern, seperti halnya penggunaan gadged dan permainan digital lainya. Lingkungan tidak ideal ini menjadi perhatian masyarakat. Seperti halnya Kampung dolanan yang menghidupkan kembali permainan tradsional, namun tidak meninggalkan esensi dari permainan itu dan juga memiliki nilai-nilai positif. Melalui Komunitas Kampung Dolanan masyarakat ini bergerak dan mengembangkan permainan tradisional serta menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung perkembangan anak. Penelitian ini melihat pengaruh dari permainanan tradisional dan dampak positif maupun negatif dari permainan tradisional. Jenis penelitian ini mnggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Objek kajian dari penelitan ini adalah pengaruh permainan tradisional di kampung dolanan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk memeriksa keabsahan data menggunakan metode trianggulasi data yaitu dengan membandingkan hasil wawancara dan hasil pengamatan. Reduksi data yaitu menajamkan dan memferifikasi kebenaran informasinya. Hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh positif permainan tradisional terhadap perkembangan anak yaitu pengaruh secara kognitif, emosi, fisik, psikososial anak. Dimana pengaruh tersebut dihasilkan oleh permainan tradisional yang memiliki nilai-nilai educative dan berbeda dengan permainan modern yang diyakini memiliki efek-efek negatif bagi perkembangan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Waryono Abdul Ghafur, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Permainan Tradsional, Perkembangan anak
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 15 Nov 2018 06:08
Last Modified: 15 Nov 2018 06:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31548

Actions (login required)

View Item View Item