PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERKOTAAN (STUDI KASUS DI DESA WONOKERTO, KECAMATAN TURI, KABUPATEN SLEMAN)

M YUSUF EKO SULISTYO, NIM. 12250034 (2018) PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERKOTAAN (STUDI KASUS DI DESA WONOKERTO, KECAMATAN TURI, KABUPATEN SLEMAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERKOTAAN (STUDI KASUS DI DESA WONOKERTO, KECAMATAN TURI, KABUPATEN SLEMAN))
12250034_BAB_I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERKOTAAN (STUDI KASUS DI DESA WONOKERTO, KECAMATAN TURI, KABUPATEN SLEMAN))
12250034_BAB_II_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penyebab kemiskinan sangat beragam, mulai dari ketidakmampuan memenuhi kebutuhan konsumsi dasar, kurangnya kesempatan berusaha, hingga pengertian luas yang memasukkan aspek sosial dan moral. Kemiskinan dapat didefiniskan sebagai suatu standar tingkat hidup yang rendah, yaitu; adanya suatu tingkat kekurangan materi pada sejumlah atau golongan orang dibandingkan dengan standar kehidupan yang umum berlaku dalam masyarakat yang bersangkutan. Standar kehidupan yang rendah ini secara langsung tampak pengaruhnya terhadap tingkat kesehatan, kehidupan, moral dan rasa harga diri dari mereka yang tergolong sebagai orang miskin, sehingga menjadi suatu fokus perhatian bagi pemerintah dalam upaya pengentasan kemiskinan tersebut. Salah satu upaya pemerintah untuk menanggulangi kemisikinan adalah dengan mengeluarkan kebijakan yang disebut sebagai Proram Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Wonokerto melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah pengurus PNPM Mandiri Perkotaan dan masyarakat penerima program. Sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan. Metode pengumpulan data menggunakan desain purposive dan snowball. Pada teknik pengambilan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan analisis data dilakukan melalui reduksi, display lalu verivikasi. Hasil penelitian menemukan bahwasanya; PNPM Mandiri Perkotaan terbukti membantu membuka lapangan pekerjaan baru, memperbaiki infrastruktur, menyediakan modal pinjaman bagi masyarakat yang mau membuka atau mengembangkan usaha dan meningkatkan Sumber Daya Manusia. Meskipun pada Program Simpan Pinjam tidak berjalan dengan baik, masyarakat masih tetap bisa meningkatkan taraf hidup dengan adanya bantuan modal usaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: M. Izzul Haq, M.Sc
Uncontrolled Keywords: kemisikinan, PNPM Mandiri Perkotaan, kesejahteraan
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 15 Nov 2018 06:11
Last Modified: 15 Nov 2018 06:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31550

Actions (login required)

View Item View Item