KEBERMAKNAAN HIDUP PADA PENYANDANG DIFABILITAS NETRA MELALUI PROGRAM PENINGKATAN MINAT MEMBACA DAN MENULIS BRAILLE (PPMB) DI MTS YAKETUNIS YOGYAKARTA

LULU ILMAKNUN, NIM. 12250064 (2018) KEBERMAKNAAN HIDUP PADA PENYANDANG DIFABILITAS NETRA MELALUI PROGRAM PENINGKATAN MINAT MEMBACA DAN MENULIS BRAILLE (PPMB) DI MTS YAKETUNIS YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEBERMAKNAAN HIDUP PADA PENYANDANG DIFABILITAS NETRA MELALUI PROGRAM PENINGKATAN MINAT MEMBACA DAN MENULIS BRAILLE (PPMB) DI MTS YAKETUNIS YOGYAKARTA)
12250064_BAB I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KEBERMAKNAAN HIDUP PADA PENYANDANG DIFABILITAS NETRA MELALUI PROGRAM PENINGKATAN MINAT MEMBACA DAN MENULIS BRAILLE (PPMB) DI MTS YAKETUNIS YOGYAKARTA)
12250064_BAB-II_Sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Penyandang difabilitas berhak memiliki kebermaknaan hidup, di MTs Yaketunis siswa difabilitas netra dididik agar memiliki kebermaknaan hidup lewat Program Peningkatan Membaca dan Menulis Braille (PPMB). Program ini hanya dilaksanakan dua tahun setengah dalam waktu seminggu sekali dengan durasi waktu 60 menit siswa harus mampu memahami huruf braille, sangatlah singkat bagi siswa difabilitas netra untuk menemukan makna hidup yang sesungguhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program peningkatan membaca dan menulis braille (PPMB) yang diselenggarakan oleh MTs Yaketunis dan juga analisis tingkat kebermaknaan hidup penyandang difabilitas netra selama mengikuti Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatis dengan 3 orang sebagai subjek penelitian, terdiri dari siswa MTs Yaketunis dengan tingkat kelas yang berbeda-beda. Pengumpulan data diperoleh memalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknis analisis data memaluli reduksi data, triangulasi, display data, dan instrumen penelitian. Pada pengujian keabsahan hasil penelitian menggunakan teriangulasi teori, triangulasi metode, dan triangulasi kejujuran peneliti, yakni membandingkan hasil wawancara difabilitas netra dengan guru pembimbing PPMB serta dengan hasil observasi. Hasil penelitian ini menunjukan proses PPMB di MTs Yaketunis, dengan proses tahapan pendaftaran peserta didik, penerimaan (asessment), bimbingan rehabilitasi pendidikan, bimbingan kreatifitas, evaluasi dan terminasi. Satu tahun pembelajaran untuk kelas tujuh, dua tahun pembelajaran untuk kelas VIII dan dua tahun setengah untuk kelas IX. Tingkat kebermaknaan hidup dari ketiga informan memiliki tingkat yang berbeda-beda, difabilitas informan kelas VII memenuhi 3 komponen kebermaknaan hidup kebebasan berkehendak, kehendak hidup bermakna dan makna hidup dan hanya memiliki 2 nilai yakni kreatif dan penghayatan. Pada difabel informan kelas VIII yakni KS memiliki 3 komponen kebebasan berkehendak, kehendak hidup bermakna dan makna hidup dan 2 nilai yakni nilai penghayatan dan nilai bersikap. Pada difabel informan kelas VIII lainnya memiliki 3 komponen kebermaknaan hidup dan 3 nilai, yakni nilai kreatif, nilai penghayatan dan nilai bersikap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Zainudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: kebermaknaan hidup, penyandang difabilitas netra, PPMB.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 15 Nov 2018 06:13
Last Modified: 15 Nov 2018 06:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31551

Actions (login required)

View Item View Item